Saham Group Samsung Bangkit Lagi, Kospi 9 Juni Rally 8 Hari Berturut

342

(Vibiznews – Indeks) – Bursa saham Korea Selatan ditutup lebih tinggi pada perdagangan hari Selasa (09/06/2020), yang memperpanjang pergerakan bullish beruntun masuki sesi kedelapan. Indeks Kospi bergerak positif akan harapan untuk pemulihan ekonomi dan menjelang pertemuan Fed minggu ini

Sentimen tetap positif setelah Wakil Menteri Keuangan An Il-whan meminta Majelis Nasional untuk segera menyetujui anggaran tambahan ketiga untuk membantu menghidupkan kembali pemulihan ekonomi karena pandemi coronavirus mengakibatkan kontraksi lintas sektor industri.

Indeks Harga Saham Gabungan Korea (KOSPI) ditutup naik tipis 4,63 poin atau 0,21% ke level 2188,92, masih di posisi tertinggi sejak 20 Februari. Demikian juga indeks Kospi200 berjangka menguat 0,55 poin atau 0,19% ke posisi 291,32, setelah sempat turun ke posisi rendah 287.83 dan posisi tertinggi di 294.87.     

Saham-saham berkapitalisasi paling besar ditutup mixed dengan saham Samsung dan afiliasinya berakhir di zona positif setelah pengadilan Seoul menolak surat perintah penangkapan untuk pewaris Samsung Group. Saham Samsung group ini yang  menyumbang lebih dari 20 persen dari total kapitalisasi pasar indeks utama.

Beberapa saham kapital besar yang masuk zona merah seperti saham  pembuat chip No. 2 SK hynix merosot 1,32 persen, saham perusahaan kimia terkemuka LG Chem turun 0,35 persen serta saham pembuat mobil terkemuka Hyundai Motor kehilangan 0,88 persen .

 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here