Bursa Hong Kong Akhiri Rally 7 Hari, Saham Teknologi Hang Seng Menguat Sendiri

467
indeks hang seng

(Vibiznews – Indeks) – Bursa Saham Hong Kong tidak mampu melanjutkan rally selama 7 hari berturut pada perdagangan hari Rabu (10/06/2020), oleh profit taking investor setelah indeks saham sudah mencapai tertinggi 3 bulan. Profit taking telah menyeret mayoritas sektor di Hang Seng masuk ke zona merah.

Sentimen investor terpukul hari ini oleh deflasi yang mendalam pada data indeks harga produsen China yang dirilis sebelum pembukaan sesi, selain itu  investor berhati-hati menunggu laporan proyeksi ekonomi Federal Reserve AS yang akan diberitakan Kamis dinihari WIB.  

Indeks PPI China bulan Mei turun dengan tingkat paling tajam dalam lebih dari empat tahun, menggarisbawahi tekanan pada sektor manufaktur karena pandemi COVID-19 mengurangi aliran perdagangan dan permintaan global. Seorang pejabat kementerian perdagangan Cina Zhang Li menyatakan akan membutuhkan waktu untuk permintaan asing pulih sekalipun beberapa negara telah membuka kembali ekonomi mereka.

Indeks Hang Seng turun 7,49 poin atau 0,03% pada 25.049,73, setelah mencapai posisi tertinggi sejak perdagangan 11 Maret awal sesi di 25.304. Namun untuk indeks saham  Cina  Enterprise (HSCE)  dengan 60 saham unggulan naik 0,22%  atau 22,35 poin menjadi 10.143,48. Untuk indeks Hang Seng berjangka bergerak positif  dengan penguatan 1,13% ke posisi 25.057,41.  

Melihat pergerakan secara sektoral, hampir semua  sektor sektor utama masuk zona merah kecuali sektor IT yang melonjak tinggi di zona hijau dengan kenaikan 2,59%. Untuk sektor yang masuk zona merah dipimpin oleh saham sektor energi  turun 1,13%, saham sektor industri turun 0,51%, saham sektor Telekomunikasi turun  0,37%, saham sektor properti turun 0,23%, saham sektor material turun 0,26% dan saham sektor keuangan berakhir  0,18% lebih rendah.

Untuk saham yang menjadi top gainers berasal dari sektor teknologi yaitu saham Tencent Holdings Ltd, yang naik 2,86%. Sedangkan pecundang terbesar yang merupakan saham top looser adalah saham dari sektor properti yaitu Wharf Real Estate Investment Company Ltd, yang turun 4,46%.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here