Jobless Claim AS Turun Dibawah Perkiraan

524

(Vibiznews – Economy & Business) PHK di Amerika Serikat mereda, tetapi masih ada yang kehilangan pekerjaan karena COVID-19 dan terus menarik tunjangan pengangguran. Angka  ini merupakan level terendah sejak krisis coronavirus dimulai tiga bulan lalu dan masih di bawah ekspektasi pasar.

Aplikasi baru untuk tunjangan pengangguran negara turun ke penyesuaian musiman 1,542 juta untuk pekan yang berakhir 6 Juni, dari 1,897 juta pekan sebelumnya, Departemen Tenaga Kerja AS mengatakan pada hari Kamis (11/06). Itu menarik klaim awal lebih jauh dari rekor 6,867 juta pada akhir Maret.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan 1,55 juta klaim dalam terbaru.

Tetapi jumlah orang yang tetap mendapatkan manfaat tetap tinggi, dengan apa yang disebut angka klaim berkelanjutan pada 20,929 juta untuk pekan yang berakhir 30 Mei, data terbaru yang tersedia untuk metrik itu. Ini masih lebih rendah dari 21,268 juta pada minggu sebelumnya.

Laporan klaim pengangguran mingguan, data paling tepat waktu mengenai kesehatan ekonomi, mengikuti berita Jumat lalu tentang kenaikan mengejutkan 2,5 juta dalam daftar non farm payroll di bulan Mei.

Banyak bisnis telah dibuka kembali setelah ditutup pada pertengahan Maret untuk memperlambat penyebaran COVID-19. Namun, klaim tetap meningkat di tengah pemangkasan pekerjaan di luar sektor konsumen, di antara industri yang awalnya tidak terkena penutupan.

Federal Reserve mengisyaratkan pada hari Rabu bahwa itu akan memberikan dukungan luar biasa selama bertahun-tahun bagi perekonomian, dengan para pembuat kebijakan memproyeksikan tingkat pengangguran 9,3% pada akhir tahun. Tingkat pengangguran telah melonjak dari 3,5% pada Februari dan 13,3% pada Mei.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here