Bursa Eropa Menguat Terdorong Aksi Bargain Hunting

686

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa bergerak naik pada Jumat (12/06), rebound dari aksi jual signifikan pada sesi sebelumnya.

Indeks Stoxx 600 Eropa rebound dan naik 0,5% di awal perdagangan. Sektor Otomotif melonjak 2,1% untuk memimpin kenaikan sementara saham perawatan kesehatan turun 0,6% lebih rendah.

Indeks FTSE naik 1,07%. Indeks DAX menguat 0,82%. Indeks CAC melompat 1,77%.

Pada Kamis indeks blue chip Eropa anjlok 4% setelah pernyataan dovish dari Federal Reserve A.S. dan kekhawatiran atas gelombang kedua infeksi coronavirus mengguncang sentimen.

The Fed memperingatkan penurunan 6,5% dalam PDB AS (produk domestik bruto) pada tahun 2020, menekanm harapan pemulihan ekonomi setelah krisis coronavirus, sementara beberapa negara bagian AS melaporkan lonjakan kasus coronavirus setelah membuka kembali ekonomi mereka.

Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan pada hari Kamis bahwa pemerintah di seluruh dunia telah mengerahkan $ 10 triliun dalam paket stimulus yang bertujuan mengurangi dampak pandemi coronavirus, yang kini telah menginfeksi lebih dari 7,5 juta orang di seluruh dunia. Namun, Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva menyarankan bahwa tindakan yang lebih signifikan akan diperlukan untuk menopang perekonomian global.

Inggris mengatakan pada hari Kamis bahwa mereka telah menyetujui jadwal intensif pada bulan Juli untuk negosiasi atas perjanjian perdagangan bebas baru dengan UE, karena kedua belah pihak berupaya untuk mencapai kesepakatan sebelum periode transisi Brexit berakhir pada akhir tahun.

Inggris mencatat penurunan bulanan terbesar dalam PDB (produk domestik bruto) pada rekor di bulan April, menurut data yang dirilis Jumat oleh Kantor Statistik Nasional.

PDB turun 20,4% dibandingkan bulan sebelumnya, kontraksi yang lebih tajam dari 18,4% yang diperkirakan oleh para analis yang disurvei oleh Reuters.

Saham Games Workshop melonjak 9,4% pada awal perdagangan setelah produsen game perang Inggris itu memperkirakan penjualan £ 270 juta ($ 340,24 juta) untuk tahun yang berakhir 31 Mei,

Penyelenggara pameran Informa naik 8% setelah memproyeksikan bahwa pendapatan 2020 akan turun sepertiga, tetapi mengumumkan bahwa mereka telah mendapatkan lebih dari £ 400 juta penghematan biaya.

Di bagian bawah patokan Eropa, saham perusahaan pengiriman kit makanan Jerman Hellofresh turun 3,8%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak naik dengan adanya aksi bargain hunting setelah mengalami penurunan tajam kemarin.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here