Ekonomi Inggris April Negatif; Kemerosotan Bulanan Terbesar Sepanjang Sejarah

606

(Vibiznews – Economy & Business) Inggris mencatat penurunan bulanan terbesar dalam PDB (produk domestik bruto) pada rekor di bulan April, menurut Kantor Statistik Nasional pada Jumat (12/06).

PDB Inggris turun -20,4% dibandingkan bulan sebelumnya, kontraksi yang lebih tajam dari -18,4% yang diperkirakan oleh para analis yang disurvei oleh Reuters. Ini mewakili penurunan -24,5% dari April 2019, karena penguncian akibat pandemi coronavirus yang menekan aktivitas ekonomi.

Dalam tiga bulan hingga akhir April, ekonomi berkontraksi sebesar -10,4% dibandingkan periode tiga bulan sebelumnya, kembali jatuh di bawah ekspektasi analis dari penurunan -10%.

Inggris memasuki penguncian pada 23 Maret dalam upaya untuk mengurangi penyebaran pandemi coronavirus, tetapi telah mengkonfirmasi 292.860 infeksi pada Jumat pagi, menurut data Universitas Johns Hopkins. Beberapa langkah mulai mereda pada bulan Mei, tetapi sebagian besar ekonomi Inggris tertekan sepanjang April.

Inggris masih terkunci dalam pembicaraan perdagangan dengan UE dan belum sepenuhnya menyelesaikan perpecahannya dengan blok tersebut. Kelompok-kelompok bisnis telah memperingatkan bahaya skenario Brexit yang tidak ada kesepakatan karena pandemi coronavirus berisiko merusak pembicaraan tahun ini.

Pada hari Rabu, OECD memperingatkan bahwa Inggris kemungkinan akan menjadi ekonomi maju yang paling terpukul dengan memprediksikan PDB Inggris akan turun 11,5% pada tahun 2020, sedikit lebih buruk daripada kemerosotan yang diprediksi Italia dan Prancis, dan bahkan berpotensi lebih besar (sebesar 14%) jika ada gelombang infeksi kedua.

Lembaga pemeringkat Moody memperingatkan dalam sebuah laporan Rabu bahwa Brexit yang tidak punya kesepakatan akan secara signifikan merusak pemulihan yang berpotensi rapuh dari resesi terdalamnya dalam hampir satu abad setelah pandemi.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here