Survei Konsumen BI Mei: Optimisme Konsumen Melemah, Terutama Indeks Lapangan Kerja

393
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy) – Survei Konsumen Bank Indonesia pada Mei 2020 mengindikasikan pelemahan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi masih berlanjut. Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Mei 2020 sebesar 77,8, lebih rendah dibandingkan dengan 84,8 pada April 2020. Melemahnya optimisme konsumen terjadi pada seluruh kategori responden, baik menurut tingkat pengeluaran maupun kategori kelompok usia. Secara spasial, keyakinan konsumen menurun di 14 kota yang disurvei, dengan penurunan terdalam di kota Manado, diikuti Mataram dan Ambon.

“Melemahnya optimisme konsumen terutama disebabkan oleh menurunnya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini, dengan penurunan terdalam pada indeks ketersediaan lapangan kerja saat ini,” demikian penjelasan Departemen Komunikasi BI kepada media, Jumat (12/6).

Sumber: BI, 12/6/2020

Sementara di sisi ekspektasi, konsumen masih relatif optimistis terhadap perkiraan kondisi ekonomi pada 6 bulan mendatang meskipun tidak sekuat perkiraan bulan sebelumnya. Konsumen juga masih cukup optimistis dengan prakiraan ketersediaan lapangan kerja yang membaik dan penghasilan yang meningkat pada 6 bulan mendatang, seiring dengan prakiraan meredanya pandemi COVID-19 di Indonesia.

Analis Vibiz Research Center melihat dampak wabah COVID-19 terus berlanjut menggerus optimisme konsumen, sampai IKK ini semakin turun di rentang bawah 100 pada Mei 2020. Walaupun demikian, seperti yang disebutkan BI, ekspektasi konsumen masih cukup optimis terhadap perkiraan kondisi ekonomi pada 6 bulan mendatang. Untuk berikutnya, kemungkinan optimisme konsumen akan bisa lebih terpicu lagi mengingat semua pihak sedang beradaptasi kepada “new normal”, karena ini akan memberi peluang pemulihan ekonomi yang lebih cepat nantinya. Semoga.

 

Alfred Pakasi/VBN/MP Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here