Harga Karet Tocom Turun Mendekati 3%, Terendah 2 Pekan

597

(Vibiznews – Commodity) – Harga karet Tocom pada perdagangan awal pekan  di bursa komoditas internasional  hari Senin (15/06/2020) anjlok cukup signifikan hingga terjun ke posisi harga terendah 2 pekan. Tekanan jual karet internasional di beberapa bursa komoditas dipicu oleh buruknya sentimen bursa global yang juga menekan bursa saham di kawasan Asia. 

Penurunan harga karet juga terjadi di bursa Singapura dan juga China yang dipengaruhi oleh  kekhawatiran gelombang kedua infeksi coronavirus di China setelah diberitakan pemerintah negara tersebut melakukan lock down sebagian wilayah ibu kotanya dimana setidaknya ada 11 residensial di selatan Beijing.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling ramai untuk kontrak bulan November 2020 akhir perdagangan  sesi sore ditutup melemah 4,7 yen atau 2,9%  dari akhir perdagangan sebelumnya ke posisi 154.3 yen yang juga merupakan posisi rendah. Sempat bergerak tinggi dan naik ke posisi 158,7.

Sentimen perdagangan karet berjangka juga dilemahkan oleh pergerakan harga minyak mentah yang melemah sejak awal perdagangan sesi Asia dibuka. Harga minyak mentah jenis Brent terpantau kini anjlok 2,42% ke posisi US$37.98.

Pada perdagangan karet di bursa Shanghai (SHFE), untuk  karet  kontrak bulan September ditutup dengan harga di posisi 10250 yuan, yang melemah sekitar 135 yuan atau 1,2% dari posisi sebelumnya. Demikian  untuk karet di Sicom, untuk kontrak berjangka bulan September anjlok US$2,6 atau 2,14% ke posisi 119.0.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here