Bursa Eropa Menguat Terbantu Langkah Perluasan Stimulus The Fed AS

526

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa menguat pada hari Selasa (16/06) terbantu langkah Federal Reserve AS memperluas langkah stimulus dan harapan penguatan ekonomio dari bank sentral global.

Indeks Stoxx 600 Eropa melonjak 2,6% pada tengah hari, dengan saham perjalanan dan liburan naik 3,6% untuk memimpin kenaikan karena semua sektor dan bursa utama diperdagangkan di wilayah positif.

Indeks FTSE naik 3,68%. Indeks DAX melonjak 4%. Indeks CAC menguat 3,64%.

Investor pada hari Selasa akan fokus pada pengumuman bank sentral, terutama setelah The Fed pada Senin mengumumkan lebih banyak langkah untuk mendukung pasar.

The Fed mengatakan akan membeli obligasi korporasi individual, menandai pendekatan yang lebih luas untuk pembelian obligasi korporasi. Sebelumnya menunjukkan bahwa pada akhirnya akan membeli obligasi di pasar primer, pengumuman Senin oleh bank sentral AS menandai ekspansi itu ke pasar sekunder.

Wall Street akan lebih didukung pada Selasa setelah Bloomberg melaporkan bahwa pemerintahan Presiden AS Donald Trump sedang menyusun paket infrastruktur $ 1 triliun.

Saham-saham di Asia melonjak pada perdagangan Selasa pagi, mengikuti rebound semalam di Wall Street setelah pengumuman The Fed.

Di tempat lain pada hari Selasa, Reserve Bank of Australia merilis risalah pertemuan kebijakan moneter Juni di mana dewan bank sentral “mengakui bahwa pelonggaran kebijakan fiskal dan moneter yang substansial dan belum pernah terjadi sebelumnya di Australia membantu perekonomian melalui periode yang sulit ini.”

Bank of Japan juga akan merilis pernyataan kebijakan moneter pada hari Selasa.

Di Eropa, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson memberi isyarat Senin bahwa kesepakatan Brexit dengan Uni Eropa mungkin dilakukan pada Juli, karena kedua pihak bersepakat untuk meningkatkan kecepatan pembicaraan dengan harapan mengamankan perjanjian perdagangan baru.

Di depan data, pengangguran Inggris secara mengejutkan tetap tidak berubah pada 3,9% antara Februari dan April, menurut Kantor Statistik Nasional. Namun, jumlah pekerja dalam daftar gaji perusahaan turun 612.000, atau 2,1%, antara Maret dan Mei karena tindakan penguncian memukul pasar tenaga kerja.

Survei sentimen ekonomi ZEW Jerman naik menjadi 63,4 pada Juni dari 51,0 pada Mei, peningkatan yang lebih besar dari yang diperkirakan oleh para ekonom dalam jajak pendapat Reuters.

Dalam hal aksi harga saham individu, perusahaan rental peralatan industri Inggris Ashtead Group naik 9,7% di awal perdagangan setelah pembaruan perdagangan yang positif, sementara operator kapal pesiar Carnival juga naik 9,7%.

Di ujung lain dari indeks blue chip Eropa, perusahaan e-commerce Jerman Zalando turun 4,4% setelah perusahaan investasi Swedia Kinnevik menjual sebagian sahamnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak naik seiring langkah perluasan stimulus yang dilakukan The Fed AS dan harapan penguatan ekonomi dari bank-bank sentral global.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here