Harga Karet Tocom 16 Juni Melompat dari Terendah 2 Pekan

915

(Vibiznews – Commodity) – Penurunan harga karet global di bursa komoditas internasional   selama 3 hari berturut tidak berlanjut lagi pada perdagangan hari Selasa (16/06/2020), sebaliknya terjadi lompatan harga dari perdagangan sebelumnya. Terpantau harga karet Tocom di bursa komoditas Jepang rebound dari posisi terendah 2 pekan, demikian juga pada bursa komoditas China dan Singapura.  

Dalam perdagangan karet berjangka hari ini mendapat sentimen positif dari pergerakan kuat harga minyak mentah dan di Tocom mendapat tambahan kekuatan dari posisi pelemahan yen Jepang terhadap dolar AS dan respon investor lokal atas kebijakan bank sentral Jepang hari ini.

Bank of Japan berencana untuk menyuntikkan sekitar JPY 110 triliun ke dalam perekonomian melalui operasi pasar dan fasilitas pinjaman. Bank sentral juga mempertahankan suku bunga jangka pendek utamanya di -0.1% sambil mempertahankan imbal hasil obligasi pemerintah 10-tahun sekitar 0%.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling ramai untuk kontrak bulan November 2020 akhir perdagangan  sesi sore ditutup menguat  3,3 yen atau 2,1%  dari akhir perdagangan sebelumnya ke posisi 157.6 yen. Sempat bergerak kuat  ke posisi 157,9 dan ke posisi rendah di 156,6.

Pada perdagangan karet di bursa Shanghai (SHFE), untuk  karet  kontrak bulan September ditutup dengan harga di posisi 10335 yuan, yang menguat  sekitar 30 yuan atau 0,2% dari posisi sebelumnya. Demikian  untuk karet di Sicom, untuk kontrak berjangka bulan Agustus menguat US$0,8 atau 0,69% ke posisi 117.2.

Sebagai informasi, posisi yen Jepan di sesi Asia sempat anjlok hingga turun 0,23% ke posisi 107.62, kini pair menguat kembali ke posisi 107.33. Demikian juga dengan harga minyak mentah jenis Brent masih bergerak positif di posisi US$39.90 per barel.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here