Harga Karet Tocom Melemah Dibandingkan di Sicom dan SHFE

511

(Vibiznews – Commodity) – Rebound harga karet dari bearish selama 3 hari berturut terus berlanjut pada perdagangan bursa komoditas China dan Singapura (Sicom), namun terjadi pergerakan sebaliknya pada perdagangan bursa komoditas Tokyo (Tocom) sesi hari Rabu  (17/06/2020). Harga karet Tocom terus bergerak turun sejak perdagangan dibuka. 

Pergerakan kuat harga karet di SHFE da juga Sicom mendapat sentimen positif dari pergerakan harga minyak mentah dunia yang terus rally masuki hari keempat berturut. Tekanan jual yang terjadi di Tocom dipengaruhi sentimen investor lokal setelah rilis data survey sentimen bisnis perusahaan besar Jepang Tankan anjlok ke posisi terendah 11 tahun.

Selain itu juga posisi yen Jepang terhadap dolar AS di bursa komoditas dan saham Jepang bergerak kuat sejak awal sesi. Namun sekarang terpantau yen mulai bergerak turun kembali. 

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling ramai untuk kontrak bulan November 2020 akhir perdagangan  sesi sore ditutup melemah 0,4 yen atau 0,2%  dari akhir perdagangan sebelumnya ke posisi 157.2 yen. Sempat bergerak kuat  ke posisi 157,3 dan ke posisi rendah di 155,7.

Pada perdagangan karet di bursa Shanghai (SHFE), untuk  karet  kontrak bulan September ditutup dengan harga di posisi 10325 yuan, yang menguat  sekitar 25 yuan atau 0,2% dari posisi sebelumnya. Demikian  untuk karet di Sicom, untuk kontrak berjangka bulan Agustus menguat US$0,2 atau 0,17% ke posisi 120.4.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here