Inflasi Mei Inggris Turun Terendah 4 Tahun

361

(Vibiznews – Economy & Business) Inflasi Inggris turun ke level terendah sejak Juni 2016 bulan lalu karena pandemi coronavirus menekan permintaan dari ekonomi global dan harga minyak jatuh, membuat Bank of England perlu meningkatkan program stimulusnya lagi.

Inflasi harga konsumen melambat menjadi 0,5% dari 0,8% April, Kantor Statistik Nasional mengatakan, sejalan dengan perkiraan rata-rata dalam jajak pendapat para ekonom Reuters.

Inflasi inti – yang tidak termasuk harga energi, makanan, alkohol dan tembakau yang volatil – menunjukkan penurunan, turun menjadi 1,2% dari 1,4% di bulan April.

Komite Kebijakan Moneter BoE diperkirakan akan mengumumkan tambahan 100 miliar pound ($ 126 miliar) pembelian obligasi pada hari Kamis, menyusul dari 200 miliar pound pembelian obligasi yang dimulai pada bulan Maret.

Ekonomi Inggris menderita rekor penurunan lebih dari 20% pada bulan April karena penutupan bisnis yang tidak penting bagi publik untuk memperlambat penyebaran COVID-19.

Bulan lalu BoE mengatakan permintaan yang lebih lemah, harga minyak yang lebih rendah dan batasan peraturan untuk energi rumah tangga dan tagihan air, kemungkinan akan menjaga inflasi di bawah 1% selama beberapa bulan.

ONS tidak dapat mengumpulkan harga pada 14% dari barang dan jasa yang biasanya terjadi karena penguncian – termasuk minuman di pub, potongan rambut, dan hari libur asing – meskipun beberapa item seperti kopi dibawa pulang kembali tersedia.

Faktor utama yang menekan inflasi pada bulan Mei termasuk bahan bakar, pakaian dan biaya transportasi.

Harga bahan bakar dan pelumas menunjukkan rekor penurunan tahunan terbesar mereka, turun 16,7%, sementara harga pakaian lebih rendah 3,1%, penurunan terbesar sejak Juli 2010.

Harga jatuh untuk mainan dan permainan setelah mereka melonjak pada April karena keluarga mencari cara baru untuk menjaga diri mereka tetap terhibur.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here