Penguatan Kospi 17 Juni Terbatas, Korsel dan Korut Sedang Bersitegang

341

(Vibiznews – Indeks) – Terjadi pergerakan yang fluktuatif pada perdagangan saham bursa  bursa Korea Selatan  hari Rabu (17/06/2020), yang kemudian berakhir dengan penguatan moderat. Indeks Kospi yang sebelumnya bisa melompat hingga naik 5% lebih, hanya naik tipis pada bursa KRX hari ini.  

Sentimen pasar dilemahkan oleh ketegangan pemerintah Korsel dengan Korut, dimana Korea Utara mengumumkan bahwa mereka telah menolak tawaran Korea Selatan untuk mengirim utusan khusus, dan memilih untuk memindahkan pasukannya  ke  dekat perbatasan, hanya sehari setelah rezim Korut meledakkan kantor penghubung bersama di Kaesong.

Sementara itu, kekhawatiran kebangkitan global virus korona terus meningkat. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea Selatan, Korea Selatan mengkonfirmasi 43 kasus baru  coronavirus hari ini, demikian Beijing telah memperketat tindakan lockdown setelah melaporkan 44 kasus baru hari ini.

Indeks Harga Saham Gabungan Korea (KOSPI) ditutup naik 2,56 poin atau 0,12% menjadi 2140,61. Demikian juga indeks Kospi200 berjangka naik 0,43 poin atau 0,15% ke posisi 283.02,  setelah sempat turun  posisi rendah di 278.33 dan naik ke posisi tertinggi  284.90.   

Saham berkapitalisasi paling besar  masih bergerak kuat seperti saham Samsung Electronics naik 0,19 persen, dan saha pembuat chip No. 2 SK hynix naik 1,64 persen. Saham raksasa internet Naver naik 3,08 persen, sementara itu terjadi pergerakan sebaliknya pada saham produsen mobil terkemuka Hyundai Motor kehilangan 0,99 persen dan saham Samsung Biologics turun 0,24 persen.

 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here