Harga Batubara ICE Eropa Terjun ke Terendah 7 Pekan

540

(Vibiznews – Commodity) – Harga batubara dunia yang sedang melemah fundamentalnya oleh laporan IEA, semakin turun hingga terjun ke posisi terendah hampir 7 minggu pada akhir sesi  yang berakhir Kamis pagi WIB (18/06/2020). Harga batubara NewCasle di ICE Eropa anjlok 1% lebih oleh pergerakan lemah harga minyak mentah dunia.

Harga batubara NewCastle  untuk kontrak batubara  berjangka yang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Juli 2020 di ICE Eropa ditutup pada posisi US$52,10 yang alami penurunan US$0,75 atau 1,42% dari posisi  penutupan sesi akhir pekan lalu. Awal sesi harga dibuka pada posisi US$51.90.

Pergerakan harga minyak mentah dunia dan gas alam sering menjadi acuan perdagangan, dikarenakan kedua komoditas tersebut lebih banyak diburu pasar dibandingkan batubara. Sehingga jika harga minyak mentah turun akan semakin membuat batubara tidak diburu alias kurang laku.

Harga minyak mentah dunia jenis Brent dilaporkan bergerak lemah terus hingga akhir sesi Amerika beberapa saat lalu. Demikian juga posisi harga gas alam sedang berada di posisi kisaran terendah 2 bulan.

Perdagangan sebelumnya perdagangan batubara dipengaruhi laporan Badan Energi Internasional (IEA) yang menyebutkan komoditas batubara sedang tidak diminati   pasca Covid-19 dan selain itu pula produksi batubara dunia sedang menurun.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here