Review Mingguan : Pergerakan Pasar Minyak Sawit

497

(Vibiznews – Commodity) – Analisa pergerakan pasar mingguan untuk minyak sawit  pada minggu ini, dimana seminggu ini harga naik 3.8%, kenaikan harga selama 6 minggu berturut-turut.

Penyebab peningkatan harga pada minggu ini :

  1. Ekspor minyak sawit Malaysia  meningkat  55- 57% antara tanggal 1 – 20 Juni.
  2. Pada hari Jumat terjadi peningkatan harga dari minyak mentah karena permintaan minyak mentah meningkat dan kesepakatan penurunan produksi dari minyak mentah oleh negara-negara produsen minyak mentah, OPEC, dilaksanakan. Peningkatan dari harga minyak mentah mendorong kenaikan dari harga biodiesel, bahan bakar pengganti yang berbahan mentah dari sawit.
  3. Pada hari Selasa the International Energy Agency (IEA) meningkatkan perkiraan permintaan minyak mentah pada 2020
  4. Dua importir terbesar dari minyak sawit India dan Cina, persediaannya berkurang sehingga mereka perlu mengisi persediaan mereka.
  5. The Southern Peninsular Palm Oil Millers Association memperkirakan produksi 1 – 10 Juni dari beberapa dari Malaysia naik 31.7% dari bulan sebelumnya membuat harga minyak sawit tidak berubah pada hari Kamis
  6. Gelombang kedua dari Covid -19 sedang berlangsung di ibu kota Cina, Beijing, Cina menutup beberapa penerbangan, menutup sekolah dan menutup semua perumahan untuk mencegah penyebaran covid-19 lebih luas lagi. Akibatnya permintaan Cina akan berkurang lagi.

Pergerakan harga minyak sawit pada minggu ini :

  • Harga minyak sawit September pada hari Selasa di Bursa Malaysia Derivatif Exchange naik 2.88% menjadi 2,359 ringgit ($552.01) per ton.
  • Harga minyak sawit September pada hari Rabu di Bursa Malaysia Derivatives Exchange naik 0.17% menjadi RM 2,360 per ton.
  • Pada hari Kamis harga minyak sawit tidak berubah, menjadi 2,361 ringgit ($552.28).
  • Harga minyak sawit September pada hari Jumat  di Bursa Malaysia Derivatives Exchange ditutup naik 4.6% menjadi  2,475 ringgit (USD 580.03), harga tertinggi sejak 6 Maret.

Kesimpulan :

  • Harga minyak sawit pada bulan ini terus meningkat, faktor eksternal sangat mempengaruhi, kenaikan harga minyak mentah, dan kenaikan harga minyak kedelai.
  • Perkiraan peningkatan ekspor dari India dan Cina juga masih berlanjut.

Loni T / Analyst Vibiz Learning Centre – Vibiz Consulting Group

Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here