Aktivitas Sektor Jasa dan Manufaktur Zona Euro Bulan Juni Meningkat

527

(Vibiznews – Economy & Business) Ekonomi di zona Eropa mulai pulih dari penurunan, tercermin dari data ekonomi pada Selasa (23/06), memberikan indikasi terbaru dari kesehatan ekonomi kawasan itu karena muncul dari pandemi coronavirus.

Data Markit Composite PMI Flash bulan Juni – aktivitas pengukuran di sektor jasa dan manufaktur di zona Eropa – berada di 47,5, naik dari pembacaan akhir 31,9 pada Mei. Tanda 50 poin memisahkan kontraksi dari ekspansi. Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan kilasan PMI Juni akan datang di 42,4.

Kenaikan 15,6 poin sejauh ini merupakan yang terbesar dalam sejarah survei dengan pengecualian kenaikan rekor Mei, kata IHS Markit dalam rilis data.

IHS Markit menyatakan kenaikan terbaru membawa PMI ke level tertinggi sejak Februari, meskipun masih menunjukkan penurunan keseluruhan dalam produksi bisnis. Produksi turun lagi di manufaktur dan jasa, yang terakhir menunjukkan tingkat penurunan yang sedikit lebih curam.

IHS Markit menambahkan bahwa penurunan yang sedang berlangsung dalam produksi terkait dengan kemerosotan keempat bulanan berturut-turut dari arus masuk bisnis baru, yang pada gilirannya berkontribusi terhadap penurunan curam lebih lanjut dalam tumpukan pesanan untuk perusahaan. Bagaimanapun faktor-faktor ini terus moderat pada bulan Juni, menandakan bahwa perbaikan lebih lanjut dapat dilihat dalam indeks bulan depan.

Data memberikan pasar indikasi lain sejauh mana negara-negara zona Eropa pulih dari penguncian di seluruh wilayah yang secara efektif melihat seluruh industri ditutup.

Aktivitas bisnis di area mata uang tunggal telah mencapai level tertinggi tiga bulan pada bulan Mei, dengan PMI komposit akhir (yang mencakup manufaktur dan jasa) datang pada 31,9, naik dari 13,6 pada April.

Pada hari Senin, flash data kepercayaan konsumen untuk zona euro dan Uni Eropa yang lebih luas menunjukkan peningkatan lebih lanjut pada bulan Juni. Meskipun demikian, data pengangguran baru-baru ini melukiskan gambaran yang mengkhawatirkan, terutama bagi kaum muda.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here