Bursa Asia Bergerak Naik Mengikuti Bursa Wall Street dan Eropa

353

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Asia Pasifik bergerak naik pada Rabu mengikuti kenaikan bursa Wall Street dan Eropa, dengan mengamati situasi coronavirus di Amerika Serikat dan negara lainnya.

Di Korea Selatan, indeks Kospi memimpin kenaikan di antara pasar utama di kawasan itu karena naik 1,48%.

Saham China Daratan naik di awal perdagangan, dengan indeks Shanghai naik 0,37% sementara indeks Shenzhen menambahkan 0,113%.

Indeks Hang Seng Hong Kong juga naik 0,46%.

Di Jepang, indeks Nikkei 225 naik 0,27%.

Indeks ASX 200 Australia bertambah 0,18%.

Sementara itu, Bank of Japan mengatakan masih belum jelas kapan penyebaran COVID-19 akan mereda secara global, karena penyebaran terus berlanjut di negara-negara berkembang pada khususnya. Tampaknya tak terhindarkan bahwa dampak negatif terhadap ekonomi global, termasuk Jepang, akan menjadi berkepanjangan tanpa vaksin dan obat-obatan yang efektif.

Semalam di Amerika Serikat, Nasdaq Composite naik ke rekor baru pada hari Selasa karena ditutup 0,7% lebih tinggi pada 10.131,37. Dow Jones Industrial Average menambahkan 131,14 poin, atau 0,5%, untuk menyelesaikan hari perdagangan di 26.156,10. S&P 500 ditutup 0,4% lebih tinggi pada 3.131,29.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Asia berpotensi naik mengikuti kenaikan bursa Wall Street dan Eropa yang didukung dengan data ekonomi positif dengan pulihnya aktivitas sektor jasa dan manufaktur yang memberikan harapan pemulihan ekonomi.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here