Harga Emas Naik Tertinggi 8 Tahun

448

(Vibiznews – Commodity) Harga emas naik ke level tertinggi dalam hampir delapan tahun pada hari Rabu (24/06), karena permintaan untuk aset safe haven didorong oleh kekhawatiran atas lonjakan infeksi coronavirus dan harapan langkah-langkah stimulus lebih banyak untuk memerangi pukulan ekonomi.

Harga emas spot LLG naik 0,2% pada $ 1,769.76 per ons pada 0234 GMT setelah menyentuh $ 1,773, level tertinggi sejak Oktober 2012 di awal perdagangan Asia.

Harga emas berjangka AS naik 0,2% menjadi $ 1,785.80.

Kekhawatiran akan kasus gelombang kedua khususnya di AS, dan juga di Amerika Latin mendorong kekhawatiran tentang pelemahan berkelanjutan dalam pemulihan ekonomi dan mendukung aset safe haven seperti emas.

Beberapa negara bagian AS melaporkan rekor infeksi dan jumlah kematian di Amerika Latin melewati 100.000 pada hari Selasa, menurut penghitungan Reuters.

The New York Times melaporkan Uni Eropa siap untuk melarang pelancong AS karena lonjakan kasus di negara itu, menempatkannya dalam kategori yang sama dengan Brasil dan Rusia.

Bank-bank sentral di seluruh dunia telah mengambil langkah-langkah stimulus agresif dan mempertahankan suku bunga rendah membantu harga emas melonjak lebih dari 16% tahun ini, karena logam mulia secara luas dipandang sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan penurunan nilai mata uang.

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan RUU stimulus berikutnya akan fokus pada membuat orang kembali bekerja dengan cepat dan bahwa ia akan mempertimbangkan penundaan lebih lanjut dari batas waktu pengajuan pajak.

Juga membantu daya tarik emas, indeks dolar melayang di dekat level terendah lebih dari satu minggu.

Di tempat lain, paladium naik 0,1% menjadi $ 1,926,06 per ons, platinum turun 0,4% menjadi $ 825,59 dan perak turun 0,4% menjadi $ 17,89.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas bergerak naik jika kekhawatiran lonjakan kasus baru virus corona terus terjadi. Demikian juga jika dolar AS terus melemah akan menekan harga emas. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,788 – $ 1,800. Namun jika turun, harga emas akan bergerak dalam kisaran $ 1,750 – $ 1,740.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here