Harga Batubara di ICE Eropa Tidak Bergerak dan Lebih Rendah

397

(Vibiznews – Commodity) – Perdagangan batubara NewCastle di bursa komoditas internasional kembali melemah dengan harga lebih rendah dari penutupan perdagangan sebelumnya. Setelah harga batubara NewCastle yang diperdagangkan di ICE Eropa – London awal sesi lebih rendah, harga tidak bergerak hingga akhir sesi Kamis pagi WIB (25/06/2020).

Harga batubara NewCastle  untuk kontrak batubara  berjangka yang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Juli 2020 di ICE Eropa ditutup pada posisi US$52,65 yang alami penurunan US$0,20 atau 0,38% dari  penutupan sesi sebelumnya. Awal sesi harga dibuka pada posisi yang sama di US$52.65.

Anjloknya harga minyak mentah dunia serta harga gas alam pada perdagangan komoditas berjangka menjadi beban bagi harga batubara.  Harga minyak mentah Brent ditutup melemah 5% lebih, demikian juga dengan harga gas alam yang juga menjadi katalisator perdagangan batubara berjangka anjlok 2% lebih.

Secara fundamental pelemahan harga batubara berjangka masih relevan dengan kondisi perdagangan fisik dengan masih menumpuknya pasokan batubara di beberapa negara konsumen seperti China dan India, yang membuat permintaan global belum menunjukkan pergerakan baik.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here