Harga Karet Tocom 25 Juni Turun ke Posisi Terendah Sepekan Lebih

583

(Vibiznews – Commodity) – Harga komoditas karet bursa Tocom pada perdagangan berjangka hari Kamis (25/06/2020) turun ke posisi terendah dalam sepekan lebih setelah sebelumnya tertekan pergerakan turun harga minyak mentah. Turunnya harga karet Tocom hari ini dipengaruhi sentimen negatif pasar global.

Perdagangan di kawasan Asia sedang lesu merespon meningkatnya kembali pertambahan kasus baru terinfeksi covid-19 di seluruh dunia. Selain itu juga sentimen diperberat oleh laporan outlook ekonomi global IMF yang menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global semakin dalam ke area kontraksi.

Kemudian kondisi pasar komoditas karet berjangka internasional semakin suram seperti di Sicom dan juga SHFE, yang dipicu oleh semakin anjloknya harga minyak mentah dunia masuki hari ketiga berturut. Harga minyak mentah dunia jenis Brent terpantau anjlok sekitar 0,54% dari sesi sebelumnya. 

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling ramai untuk kontrak bulan November 2020 akhir perdagangan  sesi sore ditutup melemah 2,6 yen atau 1,6%  dari akhir perdagangan sebelumnya ke posisi 154.9 yen. Sempat bergerak kuat  ke posisi 156,2 dan ke posisi rendah di 154,8.

Pada perdagangan karet di bursa Shanghai (SHFE), untuk  karet  kontrak bulan September ditutup dengan harga di posisi 10325 yuan, yang turun 50 yuan atau 0,48% dari posisi sebelumnya. Demikian untuk karet di Sicom, untuk kontrak berjangka bulan September menguat US$1,2  atau 1,00% ke posisi 118.5.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here