Bursa Eropa Akhir Pekan Naik Mengabaikan Peningkatan Kasus Coronavirus

465

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa menguat pada Jumat (26/06) meskipun terjadi peningkatan kasus coronavirus di AS dan peringatan bearish dari Dana Moneter Internasional (IMF).

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 0,7% pada pertengahan pagi dengan industri menambahkan 1,6% untuk memimpin kenaikan karena semua sektor dan bursa utama diperdagangkan di wilayah positif.

Indeks FTSE terpantau melonjak 1,51%. Indeks DAX naik 0,94%. Indeks CAC menguat 1,48%.

Rebound pasar global diuji oleh kenaikan infeksi coronavirus di AS, dengan Texas menghentikan pembukaan kembali ekonominya setelah catatan harian lainnya naik dalam kasus baru dan rawat inap.

Hingga Jumat pagi, AS memiliki lebih dari 2,4 juta kasus yang dikonfirmasi dan lebih dari 124.000 kematian, menurut data yang dikumpulkan oleh Universitas Johns Hopkins.

Pembatasan yang dilokalisasikan juga telah diterapkan kembali di beberapa bagian ibukota Portugal Lisbon, Jerman barat, Beijing dan negara bagian Victoria di Australia.

IMF pada hari Kamis memperingatkan bahwa saham dapat mengalami kehancuran kedua jika terjadi lonjakan global lain dalam infeksi, pengenaan kembali langkah-langkah penguncian atau peningkatan ketegangan perdagangan.

Ini merupakan minggu yang besar bagi berita perusahaan di Eropa. Wirecard mengajukan kebangkrutan pada hari Kamis, tidak dapat menjelaskan lubang hitam $ 2,1 miliar di neraca dan berhutang $ 4 miliar kepada kreditor. Saham perusahaan pembayaran Jerman jatuh 48% lebih awal di sesi Jumat untuk diperdagangkan di hanya 1,83 euro per saham ($ 2,06 per saham).

Pemegang saham Lufthansa pada hari Kamis mendukung paket bailout pemerintah Jerman senilai $ 10 miliar untuk menyelamatkan operator ini setelah pemegang saham utama Heinz Hermann Thiele menjatuhkan penentangannya terhadap rencana tersebut.

Sementara itu, Reuters melaporkan Kamis malam bahwa pemerintah Belanda telah menyetujui kesepakatan penyelamatan 3,4 miliar euro dengan Perancis untuk Air France-KLM, karena maskapai penerbangan terus berputar dari berbulan-bulan pembatasan perjalanan di seluruh dunia.

Produsen industri Inggris Rotork adalah pemenang terbesar dalam perdagangan awal, menambahkan 6,2%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak naik mengabaikan peningkatan kasus coronavirus di beberapa negara dan peringatan bearish dari IMF.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here