Google Umumkan Hapus Riwayat Lokasi dan Aktivitas Pengguna Setelah 18 Bulan

537
new-google-logo

(Vibiznews – Technology) Google mengumumkan Rabu kemarin bahwa akan memulai secara otomatis menghapus riwayat lokasi dan aktivitas web pengguna setelah 18 bulan.

Sebelumnya, pengguna harus mengaktifkan pengaturan ini jika mereka tidak ingin Google menyimpan data mereka untuk waktu yang tidak terbatas.

Langkah ini memungkinkan Google untuk tetap berpegang pada informasi dan merekomendasikan hal-hal yang mungkin Anda sukai berdasarkan lokasi sebelumnya atau riwayat penelusuran, tetapi itu tidak akan memiliki data pribadi bertahun-tahun.

Pelacakan riwayat lokasi Google masih tidak aktif secara default, tetapi menyalakannya bisa berguna jika Anda ingin produk seperti Google Maps menawarkan rekomendasi yang dipersonalisasi, seperti restoran yang mungkin Anda sukai, berdasarkan di mana Anda pernah berada di masa lalu. Atau, Google mungkin tahu dari riwayat lokasi Anda bahwa Anda biasanya berangkat kerja pada pukul 8 pagi, dan dapat menyarankan Anda pergi sedikit lebih awal untuk menghindari lalu lintas pada hari tertentu.

Saat pelacakan lokasi aktif, Google mengikuti lokasi Anda dengan detail yang tepat – sesuatu yang dapat Anda lihat jika Anda melihat Google Maps Timeline Anda.

Sekarang, jika Anda mengaktifkan riwayat lokasi, Google akan menghapus data itu secara otomatis setelah 18 bulan. Anda juga dapat mengatur riwayat lokasi Google agar dihapus secara otomatis setiap tiga bulan atau setiap 36 bulan.

Aktivitas web dan aplikasi juga akan dihapus secara otomatis setiap 18 bulan, tetapi hanya untuk akun baru. Akun YouTube baru juga akan dihapus riwayatnya setelah tiga tahun.

Pelacakan aktivitas web dan aplikasi, dan riwayat YouTube, dicatat secara default untuk jangka waktu yang tidak terbatas bagi pengguna yang ada. Namun, Anda dapat menghidupkan dan menghapus otomatis aktivitas web dan aplikasi, yang diluncurkan tahun lalu, melalui halaman Kontrol Aktivitas Google.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here