Nikkei 26 Juni Ditutup Menguat, Bullish Mingguan Berlanjut

291

(Vibiznews – Indeks) – Bursa Jepang akhir perdagangan saham pekan ini di Tokyo hari Jumat (26/06/2020), dengan cetak keuntungan harian dan juga mingguan. Indeks Nikkei rebound dari posisi terendah sepekan sesi sebelumnya, dan kembali mencetak bullish mingguan.

Sentimen investor terangkat setelah Gubernur Bank of Japan Haruhiko Kuroda mengisyaratkan kesiapannya untuk meningkatkan langkah-langkah stimulus lagi, di tengah risiko efek gelombang kedua pandemi COVID -19. Dia menambahkan bahwa begitu dampak virus mereda, ekonomi Jepang akan berangsur pulih dan pembuat kebijakan akan mengalihkan fokus untuk mencapai target inflasi 2%.

Berita bahwa regulator AS berencana untuk melonggarkan peraturan perbankan, termasuk memungkinkan bank untuk lebih mudah melakukan investasi dalam dana berisiko seperti dana modal ventura juga menambah sentimen positif.

Indeks Nikkei ditutup naik 1,13 persen atau 252,29 poin menjadi  22.512,08.  Demikian  untuk indeks Topix  naik 0,99 persen atau 15,52 poin pada posisi 1.577,37. Untuk indeks Nikkei berjangka bulan September 2020 kini sedang bergerak negatif  dengan menguat 200 poin atau 0,90% ke posisi 22.420.

Secara mingguan indeks Nikkei kembali mencetak penguatan untuk 2 pekan berturut, pekan ini alami penguatan moderat dengan kenaikan 0,18% setelah pekan sebelumnya alami penguatan 0,78%.

Melihat pergerakan secara sektoral, kekuatan indeks Nikkei banyak ditopang oleh saham sektor  keuangan yang kemudian diikuti oleh sektor telekomunikasi, bahan dasar, dan sektor industri. Untuk sektor energy bergerak bullish lanjutan merespon kenaikan harga minyak global.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here