Harga Karet Tocom Awal Pekan Terendah Sepanjang Bulan Juni

436

(Vibiznews – Commodity) – Harga karet berjangka internasiona membuka perdagangan komoditas internasional pekan ini, hari Senin (29/06/2020) terpantau semakin lemah bahkan  menyentuh posisi terendah sejak perdagangan 1 Juni. Harga karet Tocom di bursa komoditas Tokyo anjlok ke posisi terendah dalam hampir sebulan.  

Bertambah lemahnya harga karet di bursa Tocom ikut dipengaruhi sentimen negatif yang menekan perdagangan bursa saham global yaitu munculnya kekhawatiran berlebih akan gelombang kedua penyebaran virus covid-19 yang semakin merugikan ekonomi dan pasar internasional.

Selain itu turunnya harga karet Tocom dan juga bursa komoditas SHFE serta  Sicom dipicu oleh posisi anjloknya harga minyak mentah internasional sejak perdagangan sesi Asia awal pekan merespon sentimen yang sama terkait gelombang kedua penyebaran virus covid-19 di Amerika Serikat.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling ramai untuk kontrak bulan Desember 2020 akhir perdagangan  sesi sore ditutup melemah 1,2 yen atau 0,7%  dari akhir perdagangan sebelumnya ke posisi 154.0 yen. Sempat bergerak kuat  ke posisi 155,5 dan ke posisi rendah di 152,5.

Pada perdagangan karet di bursa Singapura – Sicom, untuk kontrak berjangka bulan September yang hari ini ramai diperdagangkan melemah US$0,9  atau 0,77% ke posisi 116.5. Untuk bursa karet di bursa Shanghai (SHFE), harga karet kontrak bulan September berada di posisi 10060 yuan, yang turun 295 yuan atau 2,8% dari posisi sebelumnya. 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here