Kospi 29 Juni Terendah 2 Pekan, Saham Kapital Besar Alami Profit Taking

247
indeks kospi
Photo by Vibizmedia

(Vibiznews – Indeks) – Bursa saham Korea Selatan menutup perdagangan awal pekan dengan penurunan indeks saham mendekati 2%, yang turun ke posisi terendah dalam 2 pekan perdagangan. Indeks Kospi retreat dari penguatan saham perdagangan akhir pekan lalu, tertekan oleh sentimen negatif yang melanda bursa global. 

Investor pasar saham global melakukan aksi jual saham cukup signifikan dari sebelumnya merespon rekor tingkat kasus baru terinfeksi coronavirus yang dilaporkan secara global akhir pekan lalu. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea melaporkan 62 lebih banyak kasus COVID-19 dalam periode 24 jam yang berakhir tengah malam hari Minggu.

Para pejabat kesehatan hari ini  memperingatkan bahwa mereka dapat mempertimbangkan untuk memperluas social distancing di seluruh negeri jika infeksi terus menyebar, yang saat ini hanya ada di wilayah metropolitan Seoul.

Indeks Harga Saham Gabungan Korea (KOSPI) ditutup turun 41,17 poin atau 1,93% menjadi 2093,48, posisi terendah sejak perdagangan 16 Juni. Demikian juga indeks Kospi200 berjangka melemah  5,34 poin atau 1,88% ke posisi 278.04,  setelah sempat  turun ke posisi rendah di 277.06 dan naik ke posisi tertinggi  281.77.   

Anjloknya indeks Kospi pada awal pekan ini mendapat tekanan besar dari saham-saham kapital besar yang alami profi taking seperti saham  Samsung Electronics anjlok 1,69 persen, saham SK hynix mundur 1,18 persen dan saham  Samsung BioLogics jatuh 3,21 persen. Demikian juga saham pembuat mobil terkemuka Hyundai Motor turun 2,30 persen dan saham Kia Motors turun 2,87 persen.

 

 

 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here