Harga Batubara Awal Pekan Terjun dari Tertinggi 3 Pekan

169

(Vibiznews – Commodity) – Harga batubara yang diperdagangkan di bursa komoditas internsional awal pekan alami penurunan yang signifikan setelah perdagangan sebelumnya berada di posisi tertinggi 3 pekan. Harga batubara di ICE Eropa – London pada akhir sesi Selasa dinihari WIB (30/06/2020) anjlok 2% lebih di tengah kuatnya sentimen pasar global.

Harga batubara NewCastle  untuk kontrak batubara  berjangka yang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Juli 2020 di ICE Eropa ditutup pada posisi US$52,70 yang alami penurunan US$1,50 atau 2,77% dari  penutupan sesi sebelumnya. Awal sesi harga dibuka pada posisi yang sama di US$52.70.

Terjadi aksi profit taking pasar terhadap komoditas batubara yang melonjak tinggi akhir pekan lalu oleh pergerakan harga minyak mentah dan gas alam di bursa berjangka yang menguat.  Turunnya harga batubara secara teknikal ini menghiraukan sentimen kuat di perdagangan bursa saham global.

Perdagangan aset berjangka awal pekan bergerak kuat oleh optimisme investor akan pemulihan ekonomi global sekalipun terjadi peningkatan kasus baru terinfeksi covid-19 di seluruh dunia hingga mencapai angka 10 juta lebih.

Terpantau harga gas alam yang menjadi salah satu katalis penggerak harga batubara alami lonjakan hingga naik 14% lebih ke posisi US$1,7/MMBtu. Demikian juga harga minyak mentah dunia jenis Brent alami kenaikan 1,84%.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here