Rekomendasi Harga Minyak 30 Juni 2020: Sedikit Naik Mengikuti Perkembangan Sentimen Pasar

356

(Vibiznews – Commodity) Minyak mentah berjangka WTI kontrak bulan Agustus mengalami pemulihan sekitar $1 dari kerendahan harian sebelumnya di $37.52, pada perdagangan sesi Eropa, dengan pasar masih tetap ditopang dengan harapan akan pemulihan ekonomi global meskipun meningkatnya ketakutan akan gelombang kedua coronavirus sedunia.

Pergerakan dari sentimen terhadap resiko direfleksikan oleh sedikit bangkitnya saham-saham Eropa dan saham berjangka AS, yang pada gilirannya mendukung minyak dengan imbal hasil yang lebih tinggi. Saat ini minyak AS diperdagangkan pada ketinggian harian di $38.90.

Sementara itu, laporan dari Cina yang mengalami kemajuan dalam penemuan vaksin corona dan reboundnya profit industri juga memberikan dukungan bagi assets beresiko. Melemahnya dolar AS secara luas ditengah membaiknya sentimen pasar juga berkolaborasi menaikkan minyak yang berdenominasi dolar AS. Indeks dolar AS turun 0.25% dan diperdagangkan disekitar level 97.20.

Kenaikan selanjutnya tergantung kepada sentimen pasar ditengah kenaikan coronavirus. Pasar juga menggali laporan dari Energy Intelligence, yang menyatakan bahwa ketaatan OPEC+ pada bulan Juni diperkirakan lebih tinggi daripada bulan Mei, khususnya Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan Kuwait serta Oman memangkas produksi lebih dari kuota mereka.

Kenaikan lebih lanjut dari harga minyak akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $40.03 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $40.67 dan kemudian $41.57. Sedangkan penurunanya akan berhadapan dengan “support” terdekat di $37.88 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $36.95 dan kemudian $36.05.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here