Bursa Amerika Semakin Kuat, Kinerja Kuartalan Dow Jones Terbaik Sejak 1987

169

(Vibiznews-Index) – Keuntungan perdagangan saham di bursa Amerika terus berlanjut di hari kedua pekan ini dengan indeks Dow Jones mencetak kinerja kuartalan yang terbaik sejak 1987. Akhir perdagangan beberapa saat lalu Rabu (01/07/2020), ketiga indeks utama bursa Amerika kembali ditutup lebih tinggi pada zona hijaunya setelah melewati pergerakan yang volatile.

Indeks Dow Jones melonjak 217,08 poin atau 0,9 persen menjadi 25.812,88, indeks Nasdaq melonjak 184,61 poin atau 1,9 persen menjadi 10.058,77 dan indeks S&P 500 naik 47,05 poin atau 1,5 persen menjadi 3.100,29. Secara kuartalan indeks  Dow melonjak 17,8 persen untuk kenaikan kuartalan terbesar sejak 1987.

Sepanjang bulan Juni pergerakan indeks saham Wall Street ini cukup menggembirakan dengan pergerakan bullish, dengan indeks Dow Jones menguat 1,13%, indeks S&P500 menguat 1,42% dan indeks Nasdaq menguat 6.06%.

Kinerja saham semalam mencerminkan optimisme investor atas keberhasilan pembukaan kembali ekonomi AS dari lockdown pasca pandemi covid-19 dan bahwa the Fed akan terus melakukan tindakan  agresif dalam mendukung ekonomi negara Amerika Serikat.

Menambah sentimen positif, Conference Board merilis laporan yang menunjukkan peningkatan kepercayaan konsumen yang lebih besar dari yang diperkirakan di bulan Juni. Indeks  melonjak ke 98,1 pada Juni dari 85,9  pada Mei.

Sementara itu, sebuah laporan terpisah yang dirilis oleh MNI Indicators menunjukkan kontraksi lanjutan dalam aktivitas bisnis area Chicago di bulan Juni. Indeks naik menjadi 36,6 pada Juni dari 32,3 pada Mei, tetapi angka di bawah 50 masih menunjukkan kontraksi dalam kegiatan bisnis regional.

Melihat pergerakan secara sektoral, saham-saham emas bergerak naik tajam selama sesi dan mendorong NYSE Arca Gold Bugs Index naik 3,5 persen ke level penutupan terbaik dalam lebih dari sebulan.

Kekuatan substansial juga terlihat di antara saham semikonduktor dengan lonjakan 2,7 persen oleh Philadelphia Semiconductor Index. Saham Micron Technology membantu memimpin sektor ini lebih tinggi setelah pembuat chip melaporkan hasil kuartal ketiga fiskal yang melebihi perkiraan dan memberikan panduan pendapatan yang optimis.

Saham-saham layanan minyak juga mencetak kekuatan yang cukup besar  dengan Philadelphia Oil Service Index melonjak sebesar 2,5 persen meskipun ada penurunan harga minyak mentah.

Saham-saham perangkat lunak, perbankan, dan gas alam juga menunjukkan pergerakan kuat ke atas, namun  saham maskapai penerbangan adalah di antara sedikit kelompok saham yang masuk zona merah.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here