Harga Batubara di ICE Eropa Tertekan Kontraksi Pertumbuhan Ekonomi Inggris

181

(Vibiznews – Commodity) – Harga batubara New Castle yang diperdagangkan di bursa ICE Eropa – London pada akhir sesi Rabu dinihari WIB (1/07/2020) kembali tertekan setelah sesi sebelumnya anjlok 2% oleh profit taking. Tekanan jual batubara di bursa komoditas internasional semalam meresponi rilis data yang kurang menggembirakan di kawasan Eropa.

Harga batubara NewCastle  untuk kontrak batubara  berjangka yang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Juli 2020 di ICE Eropa ditutup pada posisi US$52,15 yang alami penurunan US$0,55 atau 1,04% dari  penutupan sesi sebelumnya. Awal sesi harga dibuka pada posisi yang sama di US$52.50.

Aksi profit taking lanjutan terus berlangsung merespon rilis data pertumbuhan ekonomi Inggris yang mengalami penurunan terbesar dalam lebih dari 40 tahun selama kuartal pertama tahun ini, kontraksi yang lebih curam daripada yang diperkirakan sebelumnya. Kemudian kekhawatiran melambatnya ekonomi global pasca gelombang kedua penyebaran virus covid-19 ikut menekan pasar.

Selain itu pergerakan harga batubara dipengaruhi oleh pergerakan harga minyak mentah dunia yang kembali retreat dari rally sebelumnya. Harga minyak mentah jenis Brent anjlok 1,37% dari sesi sebelumnya. Namun untuk harga gas alam alami kenaikan moderat dengan 0,47% lebih tinggi.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here