Harga Karet Tocom 1 Juli Tertekan Laporan Tankan Jepang

584

(Vibiznews – Commodity) – Harga karet Tocom di bursa komoditas Jepang perdagangan hari Rabu  (1/7/2020) di tutup melemah tipis setelah perdagangan hari sebelumnya rebound dari posisi terendah sebulan. Namun pelemahan harga di Tocom hari ini tidak diikuti oleh pergerakan harga karet di Sicom dan juga SHFE. 

Harga karet di Sicom dan SHFE justru alami peningkatan melanjutkan pergerakan kuat sebelumnya mendapat support dari pergerakan harga minyak mentah dunia yang rebound kuat pada sesi Asia. Terpantau harga minyak mentah dunai jenis Brent kini alami penguatan 3% lebih.

Penurunan harga karet di bursa Tocom – Jepang dipicu oleh posisi penguatan yen Jepang terhadap dolar AS yang juga merugikan perdagangan saham di Nikkei. Sentimen pasar juga diperberat oleh laporan data ekonomi Tankan Manufaktur yang mengecewakan dan menunjukkan masih lemahnya bisnis manufaktur negeri tersebut.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling ramai untuk kontrak bulan Desember 2020 akhir perdagangan  sesi sore ditutup melemah 0,1 yen atau 0,06%  dari akhir perdagangan sebelumnya ke posisi 154.4 yen. Sempat bergerak kuat  ke posisi 154,8 dan ke posisi rendah di 153,5.

Pada perdagangan karet di bursa Singapura – Sicom, untuk kontrak berjangka bulan September yang hari ini ramai diperdagangkan menguat US$0,2  atau 0,17% ke posisi 116.9. Untuk bursa karet di bursa Shanghai (SHFE), harga karet kontrak bulan September berada di posisi 10225 yuan, yang naik 65 yuan atau 0,6% dari posisi sebelumnya. 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here