Bursa Eropa Naik Terdorong Harapan Positif Penemuan Vaksin Coronavirus

298

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa bergerak lebih tinggi pada Kamis (02/07) terpicu dorongan positif berita seputar pengembangan vaksin coronavirus.

Indeks Stoxx 600 naik 1,3% pada awalnya, dengan sektor perbankan melonjak 4% untuk memimpin kenaikan karena semua sektor dan bursa utama memasuki wilayah positif.

Indeks FTSE naik 0,70%. Indeks DAX melonjak 1,68%. Indeks CAC menguat 1,48%.

Bursa Saham Eropa bergerak lebih tinggi, dengan sentimen investor mendapat dorongan dari berita bahwa kandidat vaksin yang dikembangkan oleh Pfizer dan BioNTech menunjukkan potensi. Sebuah uji coba tahap awal pada manusia terhadap satu dari empat vaksin coronavirus potensial yang dikembangkannya menunjukkan obat tersebut menciptakan antibodi penawar.

Saham-saham di Asia Pasifik naik selama sesi perdagangan Kamis didorong oleh berita tersebut, namun para investor di kawasan tersebut terus mengawasi meningkatnya ketegangan di Hong Kong setelah undang-undang keamanan nasional kontroversial China mulai berlaku pada hari Selasa.

Perkembangan Coronavirus juga terus mendominasi sentimen pasar. Seorang pejabat tinggi Organisasi Kesehatan Dunia, Rabu, memperingatkan bahwa negara-negara tertentu mungkin perlu menerapkan kembali penguncian.

Di AS, lebih dari 12 negara bagian telah menjeda atau memutar kembali pembukaannya menyusul lonjakan kasus baru-baru ini. Secara global, lebih dari 10 juta orang telah terinfeksi oleh coronavirus dan setidaknya 511.000 nyawa telah diambil, menurut data dari Johns Hopkins University.

Tingkat pengangguran zona euro pada bulan Mei datang di 7,4%, naik dari 7,3% pada bulan April karena wilayah tersebut berjuang dalam penguncian nasional dalam upaya untuk menahan pandemi.

Saham Meggitt melonjak 8% pada perdagangan pertengahan pagi setelah pembaruan perdagangan karena perusahaan teknik Inggris ini menyatakan harapan pemulihan dalam bisnis kedirgantaraan. Induk British Airways IAG naik 7,3%.

Di ujung lain dari indeks blue chip Eropa, saham DS Smith merosot 7% ​​setelah pembaruan perdagangan terbaru perusahaan pengemasan Inggris ini.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak naik seiring harapan perkembangan penemuan vaksin coronavirus, juga harapan positif membaiknya data ekonomi.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here