Klaim Pengangguran AS Meningkat Minggu Lalu

266

(Vibiznews – Economy & Business) Jumlah orang Amerika yang mengajukan tunjangan pengangguran untuk pertama kalinya naik lebih dari yang diperkirakan minggu lalu karena coronavirus.

Departemen Tenaga Kerja AS mengatakan Kamis (02/07) bahwa klaim pengangguran awal naik 1,427 juta. Ekonom yang disurvei oleh Dow Jones memperkirakan kenaikan 1,38 juta untuk pekan yang berakhir 27 Juni.

Dalam laporan terpisah, Departemen Tenaga Kerja mengatakan 4,8 juta pekerjaan ditambahkan pada Juni, tetapi survei itu dilakukan pada pertengahan bulan dan kemungkinan tidak mencerminkan jeda dan kemunduran pembukaan kembali beberapa negara bagian baru-baru ini.

Ini menandai minggu ke 15 berturut-turut di mana klaim awal tetap di atas 1 juta.

Di tingkat negara bagian, Indiana mengalami lonjakan 24.033 klaim awal. Di Virginia dan Washington, klaim naik masing-masing sebesar 7,769 dan 8,110.

Klaim awal di Oklahoma turun lebih dari 41.000 minggu lalu sementara Maryland dan New Jersey mengalami penurunan lebih dari 5.900.

Data juga menunjukkan jumlah klaim yang berkelanjutan – jumlah orang yang menerima tunjangan pengangguran selama beberapa minggu berturut-turut – naik menjadi 19,29 juta, meningkat sekitar 59.000.

Rilis data hari Kamis datang ketika beberapa negara bagian membuka kembali pembukaannya di tengah kebangkitan kasus coronavirus. Menurut Johns Hopkins University, lebih dari 50.000 kasus virus corona baru dikonfirmasi di AS pada hari Rabu, rekor satu hari.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here