Non Farm Payrolls Juni AS Cetak Rekor Tertinggi; Tingkat Pengangguran Turun

281

(Vibiznews – Economy & Business) Nonfarm payrolls meningkat sebesar 4,8 juta pekerjaan pada bulan Juni, demikian laporan pekerjaan bulanan Departemen Tenaga Kerja AS pada hari Kamis (02/07). Ini merupakan angka tertinggi sejak pemerintah mulai membuat catatan pada tahun 1939. Penggajian rebound 2,699 juta pada bulan Mei.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan gaji meningkat sebesar 3 juta pekerjaan pada Juni.

Keuntungan pekerjaan menambahkan data posotif, termasuk pengeluaran konsumen, menunjukkan rebound tajam dalam aktivitas. Tetapi pembukaan kembali bisnis setelah ditutup pada pertengahan Maret telah melepaskan gelombang infeksi coronavirus di sebagian besar negara, termasuk California, Florida, dan Texas yang padat penduduk.

Beberapa negara bagian telah mundur atau berhenti membuka kembali sejak akhir Juni dan mengirim beberapa pekerja pulang. Dampak dari keputusan ini tidak muncul dalam data ketenagakerjaan karena pemerintah mensurvei bisnis di pertengahan bulan.

Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell minggu ini mengakui rebound dalam aktivitas, mengatakan ekonomi telah memasuki fase baru yang penting dan melakukannya lebih cepat dari yang diperkirakan. Tetapi Powell memperingatkan pandangan sangat tidak pasti dan akan tergantung pada keberhasilan kita dalam mengendalikan virus.

Tingkat pengangguran turun menjadi 11,1% bulan lalu dari 13,3% pada bulan Mei. Ketenagakerjaan meningkat sebagian besar karena perusahaan mempekerjakan kembali karyawan yang diberhentikan ketika bisnis yang tidak penting seperti restoran, bar, pusat kebugaran, dan kantor gigi ditutup untuk memperlambat penyebaran COVID-19.

Dalam ekonomi yang telah jatuh ke dalam resesi pada Februari, banyak perusahaan, termasuk beberapa yang awalnya tidak terpengaruh oleh tindakan penguncian, sedang berjuang dengan permintaan yang lemah.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here