Harga Batubara di ICE Eropa Sedang Melompat Tinggi

256

(Vibiznews – Commodity) – Harga batubara New Castle yang diperdagangkan di bursa ICE Eropa – London pada akhir sesi Jumat dinihari WIB (3/07/2020) melompat tinggi hingga naik ke puncak tertinggi sebulan. Harga batubara di bursa komoditas internasional semalam terdongkrak sentimen bursa global dan juga pergerakan harga minyak mentah dan gas alam.

Harga batubara NewCastle  untuk kontrak batubara  berjangka yang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan September 2020 di ICE Eropa ditutup pada posisi US$55,80 yang alami kenaikan US$1,50 atau 2,76% dari penutupan sesi sebelumnya. Awal sesi harga dibuka pada posisi yang sama di US$55.50.

Sentimen pasar global sedang optimis oleh laporan kinerja pasar tenaga kerja AS yang meningkat melebihi ekspektasi pasar dalam data NFP AS bulan Juni. Sebelumnya juga sentimen kuat oleh setelah perusahaan obat Pfizer dan perusahaan bio-tech BioNTech mengumumkan bahwa mereka melihat keberhasilan awal dengan vaksin COVID-19 mereka.

Selain itu pergerakan harga batubara dipengaruhi oleh pergerakan harga minyak mentah dunia yang rally kuat. Harga minyak mentah jenis Brent naik 2,64% dari sesi sebelumnya. Demikian untuk harga gas alam alami kenaikan moderat dengan 1,83% lebih tinggi.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here