Rekomendasi Harga Minyak 3 Juli 2020: Naik Karena Sentimen “Risk-On”

179

(Vibiznews – Commodity) Setelah turun sebentar mendekati $39.50 pada awal perdagangan sesi Asia, minyak berjangka WTI kontrak bulan Agustus Nymex berada pada pemulihan yang stabil dan memperoleh kembali batas $40 dan akhirnya berhasil naik sampai ke atas $40.10.

Kenaikan yang baru dari emas hitam ini disebabkan terjadinya rally karena sentimen “risk-on” di saham-saham Eropa. Saham global menguat setelah data manufaktur AS yang keluar bagus, menunjukkan pemulihan ekonomi yang cepat.

Angka PMI manufaktur ISM AS muncul diangka 52.6 yang mengatasi daripada yang diperkirakan di 49.5 dan angka sebelumnya di 43.1.

Profil pasar yang “risk-on” ini membebani dolar safe-haven secara negatif, yang selanjutnya mendukung pemulihan terhadap minyak yang sensitif terhadap USD. Melemahnya dolar AS membuat minyak yang berdenominasi dolar menjadi lebih murah bagi pembeli luarnegeri.

Katalis utam dibelakang kecenderungan bullish minyak mentah adalah turunnya persediaan minyak mentah AS minggua sebagaimana yang dilaporkan oleh Energy Information Administration (EIA) yang menunjukkan persediaan minyak mentah AS turun 7.2 juta barel dari rekor ketinggian minggu lalu, jauh lebih banyak daripada yang diperkirakan  para analis.

Minyak benchmark AS ini sempat berkonsolidasi pada jam-jam terakhir menjelang keluarnya laporan pekerjaan NFP AS. Namun setelah keluar laporan NFP yang bagus secara mengejutkan, mendorong naik harga minyak melewati $40.

Bereau of Labor Statistics mengumukan 4,8 juta pekerjaan diciptakan pada bulan Juni. Angka ini secara signifikan mengatasi daripada yang diperkirakan konsensus dimana para ekonom memperkirakan penambahan pekerjaan sekitar 3,1 juta.

Tingkat pengangguran juga turun lebih daripada yang diperkirakan sebesar 11.1% dibandingkan dengan perkiraan konsensus sekitar 12.4%.  S&P 500 berjangka naik dan dolar AS tertekan.

Kenaikan lebih lanjut akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $40.54 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $41.32 dan kemudian $42.05. Sedangkan penurunannya akan berhadapan dengan “support” terdekat di $39.03 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $38.31 dan kemudian $37.53.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here