Bursa Eropa Dikuatkan Harapan Penemuan Vaksin Coronavirus

541

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa menguat pada hari Senin (06/07) dengan investor fokus pada prospek pemulihan ekonomi dan kemajuan pada vaksin coronavirus, mengatasi kekhawatiran tentang peningkatan kasus pandemi.

Indeks Stoxx 600 Eropa bertambah 1,4%, dengan bank melonjak 3,7% untuk memimpin kenaikan karena semua sektor dan bursa utama memasuki wilayah positif.

Indeks FTSE melonjak 1.64%. Indeks DAX menguat 1,58%. Indeks CAC meningkat 1,47%.

Komisi Eropa mengatakan pada hari Jumat bahwa persetujuan bersyarat telah diberikan untuk remdesivir obat antivirus Gilead untuk digunakan di Uni Eropa, menjadikannya pengobatan resmi pertama untuk virus di wilayah tersebut. Surat kabar Sunday Times kemudian melaporkan bahwa Inggris sedang menyetujui kesepakatan pasokan 500 juta poundsterling ($ 624 juta) dengan Sanofi dan GlaxoSmithKline untuk 60 juta dosis vaksin potensial.

Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan pada hari Sabtu bahwa lebih dari 200.000 kasus virus corona telah dikonfirmasi di seluruh dunia selama 24 jam – sebuah rekor baru – dengan Amerika mencatat sekitar 130.000 kasus baru. Di A.S., Florida dan Texas melaporkan peningkatan rekor dalam kasus harian baru pada hari Sabtu, sementara kasus meningkat di 39 negara.

Dalam berita perusahaan, CEO Commerzbank Martin Zielke dan ketua Stefan Schmittmann digulingkan pada hari Jumat setelah pemberontakan pemegang saham dipimpin sebagian oleh perusahaan ekuitas swasta AS Cerberus Capital Management, dengan pencarian kepemimpinan baru yang menjadi pusat perhatian minggu ini.

Saham-saham perbankan memimpin reli siklus yang luas, dengan Commerzbank dan Banco de Sabadell naik masing-masing 7,8% dan 6,3%. Pembangun rumah tangga Inggris Vistry, Barratt Developments dan Persimmon juga melonjak lebih dari 6%.

Di ujung lain dari indeks blue chip Eropa, perusahaan kimia Swiss Clariant anjlok 13,4%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak naik seiring menguatnya harapan pemulihan ekonomi dan potensi penemuan vaksin coronavirus.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here