Harga Karet Tocom Awal Pekan Bergerak Kuat oleh Lemahnya Yen

416

(Vibiznews – Commodity) – Mengawali perdagangan karet di bursa komoditas internasional berjangka hari Senin (6/7/2020), harga karet kembali melanjutkan pergerakan positif sebelumnya. Harga karet Tocom di bursa Jepang naik moderat yang diikuti oleh bursa komoditas lainnya seperti di Sicom dan juga SHFE.  

Kenaikan harga karet awal pekan ini mengikuti sentimen investor di bursa global yang optimis harapan  stimulus moneter lebih lanjut untuk ekonomi yang terkena dampak virus corona, sekalipun data peningkatan kasus baru terinfeksi covid-19 bertambah. Selain itu sentimen bertambah oleh pergerakan kuat harga minyak mentah internasiona.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling ramai untuk kontrak bulan Desember 2020 akhir perdagangan  sesi sore ditutup menguat 1,2 yen atau 0,77%  dari akhir perdagangan sebelumnya ke posisi 156.8 yen. Sempat bergerak kuat  ke posisi 157,1 dan ke posisi rendah di 154,9.

Peningkatan harga karet Tocom di bursa Jepang juga mendapat sentimen positif dari pergerakan mata uang yen Jepang yang alami penurunan terhadap dolar AS sehingga menguntungkan perdagangan aset yang denominasi mata uangnya yen.

Pada perdagangan karet di bursa Singapura – Sicom, untuk kontrak berjangka bulan Oktober yang hari ini ramai diperdagangkan menguat US$1,7  atau 1,41% ke posisi 122.4. Untuk bursa karet di bursa Shanghai (SHFE), harga karet kontrak bulan September berada di posisi 10610 yuan, yang naik 195 yuan atau 1,8% dari posisi sebelumnya. 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here