Kospi 6 Juli Mendaki ke Posisi Tertinggi 3 Pekan, Saham Samsung Sedang Melonjak

346
indeks kospi
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Indeks) – Perdagangan saham di bursa  Korea Selatan kembali mencetak keuntungan melanjutkan rally sesi sebelumnya, dimana indeks Kospi awal pekan naik ke posisi tertinggi 3 pekan pada hari Senin (6/7/2020). Indeks Kospi menguat signifikan mengikuti pergerakan positif indeks bursa utama asia lainnya.  

Sentimen investor meningkat karena Kementerian Ekonomi dan Keuangan Korsel mengeksekusi anggaran tambahan ketiganya sebesar 35,1 triliun won ($ 29,3 miliar) pada hari Senin sebagai bagian dari langkah untuk meminimalkan dampak ekonomi dari pandemi coronavirus yang sedang berlangsung.

Anggaran terbaru merupakan pengeluaran tunggal terbesar dalam sejarah negara dan disetujui oleh Majelis Nasional Jumat malam. Sementara itu, Korea Selatan terus berjuang dengan cluster kecil infeksi coronavirus di seluruh Korea Selatan, melaporkan 46 kasus baru pada hari Minggu.

Indeks Harga Saham Gabungan Korea (KOSPI) ditutup naik 35,52 poin atau 1,65 persen  pada posisi 2.187,93 merupakan posisi tertinggi sejak 11 Juni. Demikian untuk indeks Kospi200 berjangka menguat  4,73 poin atau 1,75% ke posisi 290.62,  setelah sempat  turun ke posisi rendah di 286.31 dan naik ke posisi tertinggi  291.14.

Saham-saham kapital besar pendukung indeks terpantau bergerak kuat seperti saham  Samsung Electronics  melonjak 2,61 persen oleh harapan naiknya estimasi pendapatan kuartalan perusahaan.  Demikian juga saham besar lainnya seperti saham SK hynix menguat 0,70 persen, saham Naver naik 1,44 persen  dan saham Kakao, naik 2,21 persen.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here