Penjualan Ritel Mei Zona Eropa Rebound Tajam

454

(Vibiznews – Economy & Business) Konsumen di zona euro kembali mengunjungi toko-toko di bulan Mei ketika penguncian dikurangi di blok tersebut, perkiraan dari badan statistik UE menunjukkan pada hari Senin (06/07), menandakan pemulihan penjualan yang tajam setelah rekor penurunan pada bulan Maret dan April.

Penjualan di 19 negara yang berbagi zona euro naik 17,8% di bulan Mei dari April, kata Eurostat, dalam kenaikan paling tajam sejak catatan zona euro untuk penjualan ritel dimulai pada 1999.

Kenaikan ini lebih tinggi dari ekspektasi pasar kenaikan 15% pada bulan tersebut.

Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, penjualan masih turun 5,1% di bulan Mei, menunjukkan pemulihan masih jauh dari selesai. Tetapi penurunan tahun ke tahun itu kurang curam dari perkiraan penurunan 7,5% oleh para ekonom yang disurvei oleh Reuters.

Kenaikan bulan ke bulan di bulan Mei sebagian mengimbangi rekor penurunan yang diposting dalam dua bulan sebelumnya, dengan volume perdagangan ritel turun dengan rekor 12,1% pada bulan April dan sebesar 10,6% pada bulan Maret, data revisi Eurostat menunjukkan pada hari Senin.

Agensi sebelumnya memperkirakan penurunan 11,7% bulan ke bulan di bulan April.

Penjualan pakaian dan alas kaki, sektor yang paling terpukul oleh berkurangnya perdagangan selama pandemi, mencatat kenaikan 147,0% pada Mei dari April, meskipun masih turun 50,5% tahun-ke-tahun.

Pembeli juga meningkatkan pembelian bahan bakar untuk mobil sebesar 38,4%. Perdagangan barang-barang listrik dan furnitur melonjak sebesar 37,9%. Buku dan peralatan komputer mencatat kenaikan penjualan 26,8%.

Penjualan online terus tumbuh sebesar 7,0% di bulan Mei. Mereka adalah satu-satunya sub-sektor ritel di zona euro yang tidak mengalami penurunan perdagangan selama penutupan.

Di antara negara-negara zona euro terbesar, penjualan ritel naik 13,9% di Jerman dan 25,6% di Prancis. Data Mei untuk Italia tidak tersedia.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here