Bursa Wall Street Rayakan Kemerdekaan AS dengan Cetak Rekor Tinggi

294

(Vibiznews-Index) – Bursa saham Amerika kembali mencetak rekor tinggi setelah libur merayakan hari kemerdekaan negeri tersebut, sehingga perdagangan awal pekan yang berakhir Selasa dinihari WIB (7/7/2020) semua indeks utama melaju cukup cepat. Laju indeks mendapat dukungan lonjakan saham-saham teknologi.

Indeks Dow Jones naik 332,49 poin atau 1,3 persen menjadi 26.159,85, indeks Nasdaq naik 228,70 poin atau 2,2 persen pada 10.436,32 dan indeks S&P 500 naik 43,87 poin atau 1,4 persen pada 3.173,88.

Kekuatan saham di Wall Street mendapat pengaruh kuat dari keuntungan perdagangan saham bursa di Asia dan juga Eropa, dengan saham China meroket  di tengah komentar positif terhadap pasar saham dari media pemerintah.  Selain itu investor juga masih menyimpan optimisme  tentang prospek ekonomi AS setelah data NFP Juni yang dirilis hari  Kamis lalu.

Sebagai tanda terjadinya pemulihan ekonomi yang cepat, Institute for Supply Management merilis sebuah laporan yang menunjukkan perubahan besar dalam aktivitas sektor layanan AS di bulan Juni. Indeks   non-manufaktur melonjak menjadi 57,1 pada Juni dari 45,4 pada Mei.

Melihat pergerakan secara sektoral, saham semikonduktor telah menunjukkan langkah besar  dengan Philadelphia Semiconductor Index melonjak sebesar 2,8 persen ke rekor tertinggi. Demikian juga  lonjakan saham perangkat keras, jaringan, dan perangkat lunak komputer  berkontribusi pada rekor yang dicetak  oleh Nasdaq .

Kekuatan signifikan juga terjadi di antara saham-saham ritel, sebagaimana tercermin oleh lonjakan 2,6 persen oleh Dow Jones AS.  Saham pialang, perumahan dan  emas juga rebound dan bergerak lebih tinggi bersama dengan sebagian besar sektor utama lainnya.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here