Harga Kopi Turun, Terjadi Peningkatan Persediaan

193

(Vibiznews – Commodity) – Setelah libur panjang harga kopi pada hari Senin dibuka kembali dengan harganya turun tajam, karena kekhawatiran demand akan berkurang karena terjadinya gelombang kedua pandemic covid -19 dan peningkatan persediaan.

Harga kopi Arabika di ICE New York turun $5.05 (4.89%) menjadi $98.15 dan harga kopi Robusta di ICE London turun 2 %.

Laporan dari AS bahwa terjadi kenaikan yang positif terinfeksi covid-19 pada hari minggu sebesar 56,000 kenaikan 2% dari hari Sabtu.  Juga terjadi kenaikan yang positif secara global sehingga menjadi 11.585 juta dengan kematian 517,000. Akibat  dari gelombang baru dari pandemic ini menyebabkan lockdown akan diperpanjang dan menyebabkan turunnya permintaan kopi dari restoran dan café.

The Columbia Coffee Grower’s Federation pada hari Jum’at melaporkan bahwa produksi kopi Columbia naik 12% dari tahun lalu menjadi 1.362 juta kantong, Columbia adalah negara produsen kopi Arabika terbesar kedua di dunia.

Faktor  yang membuat harga kopi kembali turun karena curah hujan di daerah perkebunan kopi di Brazil dibawah normal sehingga akan mempercepat panen yang berlangsung di Brazil. Somar Meteorologia di hari Senin mengatakan curah hujan di Mina Gerais sebesar 1.2 mm pada minggu terakhir atau 28% dari rata-rata.

Pada hari Rabu harga kopi Arabika sempat naik ke tertinggi 1 bulan dan harga kopi robusta naik ke tertinggi 2 minggu karena turunnya ekspor global. ICO pada hari Rabu lalu melaporkan bahwa ekspor global dari Oktober – Juni turun 4.7% dari tahun lalu menjadi 83.8 juta kantong.

Persediaan kopi AS hasil pengamatan dari ICE untuk kopi Arabika pada Senin lalu sempat turun ke terendah 2 ¾ tahun menjadi 1.653 juta kantong dan untuk kopi Robusta turun ke 17 ½ bulan terendah.

Analisa tehnikal untuk kopi Arabika dengan support pertama di $100 dan berikut ke $97 sedangkan untuk resistant ke $106 dan berikut ke $108.

Loni T / Analyst Vibiz Learning Centre – Vibiz Consulting Group

Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here