Rekomendasi Harga Emas 7 Juli 2020: Naik Ditengah Kenaikan Pasar Saham Dunia

1062

(Vibiznews – Commodity) Harga emas diperdagangkan naik pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat hari Senin kemarin, setelah liburan akhir minggu yang panjang di AS. Kenaikan pasar emas terjadi ditengah pasar saham dunia yang “bullish”.

Emas berjangka bulan Agustus terakhir naik $6.70 per ons pada $1,796.60. Sementara emas Antam ditawarkan beli pada Rp 931.000,- per gram, naik Rp 1000,-

Pasar saham global kebanyakan naik pada perdagangan “overnight, dipimpin oleh kenaikan tajam dari saham – saham Cina. Indeks saham AS mengarah naik pada saat perdagangan sesi New York dimulai dengan indeks Nasdaq menyentuh rekor ketinggian yang lain dalam perdagangan “overnight”. Sekali lagi, pemulihan ekonomi global yang secara mengejutkan terjadi dengan cepat dari hantaman karena Covid-19, mengalahkan ketakutan karena naiknya infeksi pandemik di banyak negara industri di dunia.

Minggu lalu laporan pekejaan AS yang solid didorong lagi oleh kenaikan “factory orders” bulan Mei di Jerman sebanyak 10.4%. Juga di zona Euro, pada hari Senin dilaporkan penjualan ritel untuk bulan Mei naik 17.8% dari bulan April.

Dengan musim panas yang penuh, banyak trader dan investor kurang memperhatikan pasar dan lebih banyak sibuk dengan aktifitas diluar rumah dan liburan keluarga. Namun, setelah akhir musim panas yang tidak resmi yaitu liburan hari buruh AS, pasar akan fokud ke pemilihan Presiden AS dimana kandidat partai Demokrat yang ingin menaikkan pajak korporat dan pribadi sedang memimpin di dalam polling, dan bagaimana sistem sekolah umum akan dibuka kembali. Hal-hal ini bisa menjadi peringatan bagi kenaikan pasar saham yang sedang tinggi-tingginya saat ini.

Kenaikan selanjutnya akan berhadapan dengan “resistance” yang solid di $1,800.00 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,807.50 dan kemudian $ 1,825.00.  Sedangkan penurunannya akan berhadapan dengan “support” terdekat di $1,779.20 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,766.30 dan kemudian $1,754.00.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here