Rekomendasi Harga Minyak 7 Juli 2020: Naik Karena Berkurangnya “Supply” & Ekspektasi Meningkatnya “Demand”

177

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak WTI kontrak bulan Agustus di Nymex dengan cepat meraih kembali level mendekati $41 untuk pertama kalinya sejak tanggal 23 Juni, walaupun akhirnya gagal menembus rintangan di atas level tersebut.

Setelah naik 0.6% ke level $40.88, harga WTI mengalami konsolidasi dan sekarang diperdagangkan disekitar $40.50.

Harga minyak mendapatkan dukungan dari berkurangnya “supplies” minyak global dengan turunnya pada minggu lalu inventori minyak mentah AS dan juga turunnya level produksi OPEC. Produksi OPEC jatuh ke level terendah dalam beberapa dekade, dengan masing-masing anggota OPEC+ mentaati kesepakatan pengurangan produksi minyak untuk bulan ketiga berturut-turut pada bulan Juli.

Selanjutnya, ekspektasi akan reboundnya ekonomi global yang lebih cepat daripada yang diperkirakan, ditengah membaiknya aktifitas manufaktur di Cina, area Euro dan AS, membangkitkan kembali optimisme terhadap outlook pertumbuhan permintaan minayk dan dengan demikian merupakan faktor yang positip bagi harga minyak.

Sementara itu, melemahnya dolar AS secara luas ditengah sentimen pasar yang bagus juga mendukung harga minyak yang sensitif terhadap dolar AS.

Kenaikan lebih lanjut dari harga minyak akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $40.62 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $40.90 dan kemudian $41.26. Sedangkan penurunannya akan berhadapan dengan “support” terdekat di $39.98 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $39.34 dan kemudian $38.90.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here