Harga Karet Tocom 8 Juli Lanjut Melemah, Sicom dan SHFE Naik Moderat

565

(Vibiznews – Commodity) – Tekanan profit taking masih terjadi di perdagangan karet internasional berjangka di Tocom hari Rabu  (8/7/2020), setelah sempat harga mendaki ke posisi tertinggi 4 bulan yang dicapai perdagangan sebelumnya. Namun penurunan harga karet Tocom tidak diikuti oleh perdagangan di bursa Sicom dan SHFE yang ditutup menguat.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling ramai untuk kontrak bulan Desember 2020 akhir perdagangan  sesi sore ditutup melemah 0,2 yen atau 0,12%  dari akhir perdagangan sebelumnya ke posisi 157.2 yen. Sempat bergerak kuat  ke posisi 157,8  dan turun ke posisi rendah di 156,8.

Harga karet Tocom sempat bergerak lebih tinggi melampaui harga penutupan sesi sebelumnya oleh posisi melemahnya yen Jepang terhadap dolar AS. Namun kemudian bergerak fluktuatif hingga akhir sesi oleh tarik menarik sentimen, posisi yen yang kemudian rebound terhadap dolar AS serta sentimen negatif bursa saham global.

Pada perdagangan karet di bursa Singapura – Sicom, untuk kontrak berjangka bulan Oktober yang hari ini ramai diperdagangkan menguat US$0,4  atau 0,33% ke posisi 121.7. Untuk bursa karet di bursa Shanghai (SHFE), harga karet kontrak bulan September berada di posisi 10650 yuan, yang naik 55 yuan atau 0,51% dari posisi sebelumnya. 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here