Rekomendasi Harga Minyak 8 Juli 2020: Berjuang Untuk Bertahan di Atas $40

187

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak berjangka WTI kontrak bulan Agustus di Nymex berjuang untuk memperpanjang kenaikan diatas $40 ditengah sentimen pasar yang terus “risk-off” sepanjang perdagangan sesi Eropa.

Tekanan turun berhenti sejenak, menunggu petunjuk baru dari sentimen di Wall Street, statisitik coronavirus dan data inventori minyak mentah mingguan dari American Petroleum Institute (API). Saat ini minyak WTI berhasil naik disekitar $40.50.

Sentimen disekitar minyak yang berimbal hasil lebih tinggi dirusak oleh pasar yang kuatir dengan kenaikan kasus baru coronavirus di AS dan Australia telah membuat diadakannya “lockdown” regional. Lockdown sebagian ini kemungkinan akan mengurangi ekspektasi akan pemulihan ekonomi yang cepat dan sebagai akibatnya akan berpengaruh terhadap permintaan minyak dan produk sampingannya.

Selanjutnya menguatnya dolar AS secara luas ditengah keengganan terhadap resiko, dikombinasikan dengan ketegangan antara Cina dengan negara-negara lainnya atas isu Hong Kong juga mempengaruhi sentimen terhadap resiko.

Penurunan minyak mentah akan berhadapan dengan “support” terdekat di $40.21 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $39.77 dan kemudian $39.30. Sedangkan “resistance” terdekat menunggu di $41.12 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $41.59 dan kemudian $42.03.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here