Keuntungan Bursa Amerika Pulih, Nasdaq Lanjutkan Rekor Tingginya

328

(Vibiznews-Index) – Dalam pergerakan harga saham yang fluktuatif, bursa Amerika di Wall Street berhasil keluar dari zona merah pada penutupan sesi yang berakhir Kamis dinihari WIB (9/7/2020). Semua indeks utama alami kenaikan hingga membuat indeks Nasdaq kembali mencetak rekor tertinggi baru.

Indeks Nasdaq naik 148,61 poin atau 1,4 persen menjadi 10.492,50, indeks Dow Jones naik 177,10 poin atau 0,7 persen menjadi 26.067,28 dan indeks S&P 500 naik 24,62 poin atau 0,8 persen menjadi 3.169,94.

Perdagangan saham yang fluktuatif terjadi merespon kurangnya berita ekonomi AS yang membuat investor hati-hati merespon lonjakan peningkatan kasus baru coronavirus yang terus membayangi pertumbuhan ekonomi di Amerika Serikat khususnya.

Nasdaq  mendapat keuntungan dari lonjakan saham raksasa teknologi seperti Apple (AAPL), yang melonjak 2,3 persen setelah Deutsche Bank menaikkan target harga pada saham perusahaan menjadi $ 00 per saham dari $380 per saham. Kemudian disusul oleh kenaikan saham Amazon, Netflix dan Facebook.

Saham National General Holdings juga melonjak setelah perusahaan asuransi setuju untuk diakuisisi oleh Allstate  dengan harga sekitar $4 miliar atau $ 34,50 per saham dalam bentuk tunai.

Saham Penyedia layanan minyak TechnipFMC (FTI) juga bergerak naik tajam setelah menandatangani kontrak lebih dari $1 miliar untuk pembangunan kompleks hydrocracking baru di kilang Pengolahan Minyak Nasional Assiut di Mesir.

Sementara itu, saham Levi Strauss  berada di bawah tekanan setelah perusahaan pembuat jeans mengatakan proyeksi bisnisnya akan turun sebagai dampak pandemi coronavirus khususnya pada tahun 2020.

Melihat pergerakan secara sektoral, lonjakan saham-saham emas  mendorong NYSE Arca Gold Bugs Index naik 3,1 persen ke level penutupan terbaik dalam lebih dari tujuh tahun yang merespon lompatan harga emas ke posisi tertinggi sejak 2011.

Saham-saham perumahan juga alami lonjakan dengan kenaikan  2,7 persen Indeks Sektor Perumahan Philadelphia. Saham perangkat lunak, broker, perangkat keras komputer, dan saham semikonduktor juga mencetak kekuatan besar.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here