Kospi 9 Juli Rebound oleh Lonjakan Saham Kakao dan Naver

498

(Vibiznews – Indeks) – Terjadi lonjakan harga saham teknologi di semua bursa kawasan Asia mengikuti trend yang terjadi pada bursa saham Wall Street, termasuk di bursa saham Korea Selatan  hari Kamis (9/7/2020). Indeks Kospi rebound oleh lonjakan saham operator aplikasi messenger mobile Kakao Talk dan Raksasa internet Naver, dengan kekuatan  naik 8,38 persen dan 1,77 persen masing-masing.

Sentimen investor optimis dalam perdagangan Asia setelah Wakil Perdana Menteri dan Menteri Keuangan Hong Nam-ki mendesak kelompok 20 negara untuk membangun jaring pengaman keuangan global yang lebih kuat untuk mengatasi risiko yang sedang berlangsung dan yang akan datang yang berasal dari pandemi coronavirus terbaru.

Pembentukan jaringan keuangan global adalah langkah kuat yang dapat membantu menghentikan penyebaran krisis dengan mendukung negara-negara berkembang yang berurusan dengan masalah likuiditas.

Sementara itu, sentimen tetap berhati-hati karena infeksi coronavirus terus meningkat. Secara global, rekor hampir 209.500 kasus baru ditambahkan pada hari Rabu dengan Korea Selatan melaporkan 49 infeksi baru.

Indeks Harga Saham Gabungan Korea (KOSPI) ditutup 9,02 poin atau 0,42% lebih tinggi ke posisi  2.167,9 setelah jatuh 0,24% di sesi sebelumnya. Demikian untuk indeks Kospi200 berjangka menguat 1,28 poin atau 0,45% ke posisi 287.25,  setelah sempat  turun ke posisi rendah di 287.08 dan naik ke posisi tertinggi  289.41.

Saham-saham kapital besar yang perdagangan sesi sebelumnya masuk zona merah masih sangat lemah seperti  saham Samsung Electronics turun 0,38 persen, saham SK hynix turun 0,84 persen  dan saham Pembuat mobil terkemuka Hyundai Motor ditutup flat. Saham yang rebound seperti saham Samsung BioLogics naik 0,68 persen, saham Celltrion melonjak 4,01 persen dan saham LG Chem melonjak 5,07 persen.

 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here