Apple Luncurkan iOS 14 versi Beta, Apa saja Perubahannya?

613

(Vibiznews – Technology) Apple pada hari Kamis merilis versi beta publik pertama dari iOS 14, versi terbaru dari sistem operasi iPhone.

Perangkat lunak ini memungkinkan siapa saja dengan iPhone keluaran 2015 atau lebih dapat mencoba perangkat lunak yang akan diluncurkan dengan model iPhone pada musim gugur. Ini bukan versi terakhir, iOS 14 yang dipoles sepenuhnya biasanya dirilis pada bulan September.

Beta publik memungkinkan pengguna yang ingin melihat perubahan apa yang dibuat Apple tahun ini dan mengakses fitur-fitur baru, seperti layar beranda yang dirancang ulang dengan pembaruan widget secara otomatis, pengorganisasian aplikasi secara otomatis, dan antarmuka Siri baru.

Versi iOS ini bukan untuk semua orang – sebagai perangkat lunak beta, ada bug di dalamnya, dan banyak pengguna melaporkan bug ini ke Apple sehingga dapat memperbaikinya sebelum peluncuran resmi akhir tahun ini. Jika Anda menghargai stabilitas di ponsel Anda, kemungkinan besar Anda ingin menunggu sampai rilis musim gugur.

Beberapa perubahan besar yang terjadi di iPhone pada musim gugur ini sebagai berikut:

Layar awal didesain ulang dengan widget
Perubahan paling menonjol: Apple telah mendesain ulang layar beranda ponsel. Sekarang, selain grid aplikasi yang tidak berubah sejak iPhone pertama kali dirilis pada 2007, Anda dapat menambahkan “widget,” atau program perangkat lunak kecil dengan informasi pembaruan langsung tentang peta, foto, berita, atau apa pun yang pengembang perangkat lunak memutuskan untuk dikembangkan.

App Library
Ada juga panel baru ketika Anda menggesek ke kiri di layar beranda yang disebut App Library, yang secara otomatis mengatur dan mengurutkan aplikasi Anda untuk Anda, serta menyediakan daftar dalam urutan abjad.

Gambar di dalam gambar
Anda sekarang dapat menonton video atau konferensi video saat Anda menggunakan aplikasi lain. Jendela gambar-dalam-gambar dapat dipindahkan dan diubah ukurannya.

Notifikasi yang kurang mengganggu untuk panggilan telepon
Dalam versi iOS sebelumnya, ketika ada panggilan telepon, itu akan mengambil alih seluruh layar, bahkan jika Anda melakukan sesuatu yang lain. Di iOS 14 itu muncul sebagai spanduk, seperti pemberitahuan lainnya. Pemberitahuan baru juga berlaku untuk panggilan FaceTime dan aplikasi pihak ketiga seperti Skype.

Antarmuka Siri baru
Demikian pula, Siri tidak lagi mengambil alih seluruh layar pada iPhone saat Anda mengajukan pertanyaan. Sebaliknya di iOS 14, Siri muncul dari bagian bawah layar, dan memberikan jawaban Anda sebagai banner pemberitahuan.

Aplikasi Terjemahan
iOS 14 akan memiliki aplikasi bawaan baru, Translate, yang dapat menerjemahkan percakapan secara waktu nyata ketika ditempatkan di antara dua orang yang berbicara bahasa yang berbeda. Ini mirip dengan aplikasi terjemahan yang dibuat oleh perusahaan seperti Google dan Microsoft, tetapi terpasang langsung di telepon.

Terjemahan halaman web di Safari seluler
Browser desktop telah menawarkan terjemahan halaman web otomatis selama bertahun-tahun, karena ketika pengguna perlu mendapatkan intisari dari situs web asing. Sekarang fitur tersedia di Safari seluler.

Avatar Memoji baru
Ada banyak opsi penyesuaian baru untuk Memoji Apple, program avatar kartunnya yang tertanam dalam iPhone, termasuk cara untuk menambahkan masker wajah (sentuhan tahun 2020).

Peningkatan iMessage
Apple telah membuat banyak perubahan pada antarmuka pesan teks di iOS 14. Pengguna sekarang dapat menyematkan percakapan penting ke bagian atas , menyebutkan kontak di dalam pesan grup, dan utas pesan di dalam pesan grup.

Beberapa fitur ini telah tersedia pada aplikasi perpesanan yang bersaing seperti WhatsApp, dan akan membantu pengguna mengontrol apa yang mereka lihat di kotak masuk perpesanan mereka.

Pencarian emoji
Keyboard iPhone sekarang memiliki bidang pencarian hanya untuk emoji – menelusuri ratusan emoji untuk wajah tersenyum tertentu yang Anda inginkan, dapat dicari.

Ada banyak perubahan lain untuk iOS 14 yang sebagian besar tidak terlihat oleh konsumen, termasuk fitur privasi baru di Safari, saran dan otomatisasi Siri yang lebih baik, dan fitur internasional seperti keyboard yang dirancang ulang untuk bahasa tertentu seperti Jepang.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here