Bursa Eropa Naik Terbantu Rebound Produksi Industri Perancis dan Italia

333

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa bergerak naik pada hari Jumat terdorong hasil data produksi industri Perancis dan Italia bulan Mei yang rebound lebih tinggi dari yang diperkirakan.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 0,6% pada sore hari, sektor otomotif menambahkan 1,5% untuk memimpin kenaikan karena semua sektor kecuali barang rumah tangga naik ke wilayah positif.

Indeks FTSE naik 0,54%. Indeks DAX menguat 0,62%. Indeks CAC meningkat 0,53%.

Pada awal perdagangan sempat turun namun berbalik naik setelah data menunjukkan produksi industri Italia melonjak 42,1% pada Mei dari bulan sebelumnya, karena negara itu muncul dari penguncian, melampaui perkiraan median 22,8% oleh analis yang disurvei oleh Reuters.

Produksi industri Perancis naik 19,6% pada Mei, melampaui ekspektasi ekonom kenaikan 15,1%. Prancis baru mulai mengangkat langkah-langkah penguncian yang relatif ketat pada 11 Mei.

Kekhawatiran tentang kenaikan kasus coronavirus di AS dan di tempat lain terus membebani reli pemulihan secara luas.

AS melihat infeksi meningkat lagi pada hari Kamis, dengan California dan Florida di antara 12 negara bagian memecahkan rekor pada rata-rata tujuh hari untuk kasus baru harian, analisis CNBC menunjukkan. Penghitungan Reuters mengindikasikan bahwa lebih dari 60.500 kasus baru telah dikonfirmasi secara nasional Kamis, catatan harian baru.

Kota Melbourne di Australia terkunci sekali lagi setelah lonjakan kasus karena pihak berwenang Australia mempertimbangkan untuk memperlambat kembalinya warga di tengah wabah di negara bagian Victoria, menurut laporan Reuters, Kamis. Sementara itu, semua sekolah di Hong Kong akan ditutup mulai Senin setelah lonjakan infeksi coronavirus yang ditularkan secara lokal, Reuters melaporkan Jumat.

Inggris mengumumkan Kamis bahwa gym indoor dan kolam renang akan dibuka kembali mulai 25 Juli, sementara kolam renang outdoor dan pertunjukan akan diizinkan mulai akhir pekan ini karena negara terus melonggarkan tindakan pengunciannya. Ahli kecantikan, tato, spa, salon penyamakan kulit dan layanan kontak dekat lainnya dapat dibuka mulai hari Senin dengan batasan tertentu.

Dalam hal saham individu, penyedia telekomunikasi Perancis SES dan perusahaan teknologi pembayaran Inggris Network International keduanya menambahkan lebih dari 7% pada perdagangan sore hari. Carlsberg naik 5,4% setelah pembuat bir Denmark mengisyaratkan bahwa penurunan penjualan bir di Eropa Barat melambat.

Di ujung lain dari indeks blue chip Eropa, perusahaan biotek Swiss Idorsia turun 3,5%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak naik seiring harapan pemulihan ekonomi dengan reboundnya data produksi Industri Perancis dan Italia. Namun peningkatan kasus coronavirus juga masih terus dicermati, yang jika masih meningkat akan menekan pasar saham. Juga potensi penemuan vaksin coronavirus, jika memunculkan harapan kuat, maka akan menguatkan pasar saham.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here