Harga Batubara NewCastle Anjlok ke Posisi Terendah Sepekan

284

(Vibiznews – Commodity) – Pada akhir perdagangan komoditas batubara internasional Jumat dinihari WIB (10/7/2020), harga batubara NewCastle anjlok ke posisi terendah sepekan lebih. Turunnya kembali harga batubara di bursa ICE Eropa oleh aksi profit taking lanjutan setelah sempat naik ke posisi harga tertinggi sebulan.

Harga jual batubara NewCastle masih lemah seiring bertambahnya kekhawatiran bursa global akan laju penambahan kasus baru terinfeksi covid-19 di seluaruh dunia. Investor menjadi pesimis akan pertumbuhan ekonomi global jika diberlakukannya kembali lockdown  pada negara AS yang jumlah kasus baru sangat tinggi.

Harga batubara NewCastle  untuk kontrak batubara  berjangka yang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Agustus 2020 di ICE Eropa ditutup pada posisi US$54,55. Harga alami penurunan  US$0,50 atau 0,91% dari penutupan sesi sebelumnya. Awal sesi harga dibuka pada posisi yang sama di US$54.20.

Pergerakan lemah harga batubara di bursa internasional juga mendapat sentimen negatif dari pergerakan  harga minyak mentah jenis Brent yang anjlok 2% lebih. Demikian juga ditambah oleh anjloknya perdagangan komoditas gas alam hingga turun 2% lebih pada akhir sesi Amerika.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here