Rekomendasi Harga Minyak 10 Juli 2020: Turun Karena Sentimen Risk-Off

214

(Vibiznews – Commodity) Setelah gagal menembus “resistance” kuat di $41, harga minyak berjangka WTI dalam kontrak berjangka bulan Agustus di Nymex berada dalam penurunan yang stabil dan saat ini dperdagangkan dibawah $40.00.

Optimisme atas pemulihan permintaan gasoline AS telah dihapus oleh ketakutan akan lockdown yang baru karena coronavirus, khususnya di Amerika Serikat dan Australia. Sentimen karena “risk-off” telah mendorong dolar AS naik, sehingga menekan harga minyak turun.

Pasar sedang menunggu hasil pertemuan OPEC dengan sekutu-sekutunya pada pertemuan tanggal 15 Juli minggu depan, untuk mendapatkan petunjuk yang baru atas kebijakan pemangkasan produksi mereka. Dengan pasar menunggu hasil pertemuan OPEC dan OPEC +, maka harga minyak turun ke bawah $40.00 setelah Energy Information Administration (EIA) mengeluarkan data kenaikan persediaan minyak mentah AS. Inventori minyak mentah AS naik 5.7 juta barel pada minggu yang berakhir tanggal 3 Juli, dibandingkan dengan yang diperkirakan penurunan sebesar 3,1 juta barel.

Penurunan lebih lanjut harga minyak akan berhadapan dengan “support” terdekat di $39.74 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $39.34 dan kemudian $39.00. Sementara kenaikannya akan berhadapan dengan “support” terdekat di $41.00 yang apabila dilewati akan lanjut ke $41.60 dan kemudian $42.06.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here